You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanggul 800 Meter di Kali Baru Segera Dibangun
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Tanggul di Kali Baru Segera Dibangun

Tanggul sepanjang 800 meter akan dibangun di dua sisi Kali Baru, Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur.  Hal ini untuk mengatasi genangan yang kerap terjadi di wilayah RW 01 dan di Jalan Raya Bogor,

Saat ini sedang proses lelang

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, titik lokasi pembangunan tanggul sepanjang 800 meter dengan tinggi sekitar satu meter ini dimulai dari jembatan Jalan H Jabah sampai ke jembatan Jalan Inpres.

"Saat ini sedang proses lelang," ujar Wawan, Senin (19/6).

Genangan di Pertigaan Hek Kramat Jati Berangsur Surut

Selain membuat tanggul, menurut Wawan, sejumlah jembatan yang melintang di atas Kali Baru juga perlu direnovasi. Karena, jembatan yang ada saat ini terlalu rendah sehingga banyak sampah tersangkut dan memicu terjadinya luapan air kali.

Dia menjabarkan, beberapa lokasi jembatan yang perlu diitinggikan antara lain di depan akses keluar Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Jabah, Jalan Bulak Rantai, Jalan Ikan Hias atau Jalan Ayamah, dan sejumlah titik lainnya.

"Saat debit air tinggi banyak sampah tersumbat di jembatan tersebut dan membuat air melimpas ke jalan maupun pemukiman warga," tuturnya.

Untuk renovasi jembatan ini, jelas Wawan, perlu koordinasi  dengan Dinas Bina Marga, UPK Badan Air, serta pihak kelurahan sam kecamatan setempat.

Ketua Ketua RT 01/01 Rudi Rohendi berharap, normalisasi dan penataan Kali Baru segera dilakukan. Karena setiap debit air tinggi, banyak rembesan Besari dari tanggul dan turap hingga akhirnya menggenang ke pemukiman warga.

Rudi mengungkapkan, di wilayahnya juga ada satu titik turap yang mulai keropos dan berlubang. Jika dibiarka, dikhawatirkan akan terjadi longsor dan pemukiman warga di bawahnya terancam terdampak genangan yang cukup parah.

"Warga berharap pembangunan tanggul segera direalisasikan. Termasuk bagian turap yang bocor segera diperbaiki," tandas Rudi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1171 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1167 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito