You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 50 Perserta Ikuti Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban di Jakbar
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

60 Peserta Dibekali Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan Seribu

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengadakan kegiatan pembinaan masyarakat pegiat konservasi berbasis wisata bahari di Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta sinergisitas antar kelompok

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta, Imam Fitrianto mengatakan, dalam pengembangan wisata bahari berbasis konservasi, diperlukan sinergisitas dua kelompok masyarakat.

Dua kelompok yang dimaksud terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dan Kelompok Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL-BM) binaan Dinas KPKP DKI Jakarta.

50 Peserta Ikut Pembinaan Penggiat Konservasi Berbasis Wisata Bahari

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta sinergisitas antar kelompok masyarakat serta terwujud pengembangan wisata bahari yang berkelanjutan," kata Imam, Selasa (20/6).

Ia menjelaskan, wisata bahari bukan hanya bertujuan mendatangkan wisatawan, namun menjaga keberlanjutan ekosistem bawah laut ramah lingkungan dan berbasis konservasi.

"Kami juga mengadakan kesepakatan antara dua kelompok masyarakat ini untuk tetap menjaga kelestarian alam bawah laut," ujarnya.

Camat Kepulauan Seribu Selatan, Angga Saputra menilai, kegiatan ini sangat penting karena wilayah ini memiliki pulau-pulau kecil yang berpotensi tinggi.

"Pesan saya jadikan Kepulauan Seribu sebagai alam perairan yang natural agar dapat menarik wisatawan," pesannya.

Ketua Sub Kelompok Pendayagunaan Pesisir Laut dan Pulau-pulau Kecil, Cindewiyani menjelaskan, kegiatan ini diikuti sekitar 60 peserta perwakilan dari delapan Pokdarwis dan tujuh Kelompok DPL-BM.

Materi yang diberikan seperti Kebijakan Pemanfaatan Kawasan Konservasi untuk Wisata Bahari dan Pengenalan Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan serta Best Practices Sinergitas Konservasi dan Wisata Bahari.

"Kami akan menyiapkan standar operasional prosedur terkait pengembangan jasa kelautan di dalam kawasan DPL-BM agar ekosistem dapat terjaga seiring dengan peningkatan ekonomi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye888 personAldi Geri Lumban Tobing