You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Heru Beri Motivasi Puluhan Siswa yang Diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri Lewat Beasiswa
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Heru Beri Motivasi Penerima Beasiswa Diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melepas sebanyak 34 dari 44 siswa SMA Negeri dan Swasta di Jakarta yang lolos mendapatkan beasiswa S-1 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) melalui Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan ke-2, Senin (10/7).

Pengalaman adik-adik di luar negeri itu pilihan hidup

Puluhan siswa ini akan berangkat ke luar negeri pada pada Juli dan Agustus 2023. Sebelum dilepas, Heru memberi motivasi dan semangat kepada siswa penerima beasiswa.

Beberapa di antara siswa yang hadir ditanya sekolah tinggi di mana mereka diterima beserta jurusannya. Heru juga sempat berbagi cerita saat kuliah dan pengalaman hidup selama di luar negeri.

Sekjen OIC-CA: Toleransi dan Kerukunan Beragama di Jakarta Bisa Jadi Contoh

“Pengalaman adik-adik di luar negeri itu pilihan hidup, supaya bisa tumbuh, berprestasi dan ketika mendapatkan posisi mentalnya juga sudah siap. Pasti saya doakan, Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujar Heru.

Heru menitip pesan kepada para siswa penerima beasiswa agar membawa harum nama bangsa selama di perantauan dan berkontribusi membangun bangsa dengan ilmunya masing-masing setelah kembali ke Indonesia.

“Selamat untuk adik-adik, bagi orang tua anak-anak kita kebanggan orang tua saat anak kita berprestasi. Saya titip bawa harum nama Indonesia, nama Jakarta dan semoga kembali ke Jakarta bisa membangun kota ini,” ucap Heru.

Heru meminta semangat belajar mengejar prestasi para siswa yang lulus beasiswa ini bisa ditularkan kepada siswa lainnya di Indonesia khususnya Jakarta agar terpacu untuk berprestasi.

“Ini tolong ditularkan kepada teman-teman supaya anak-anak sekolah di luar sana bisa terpacu untuk berpretasi. Apalagi yang ada di Jakarta, khususnya para penerima KJP, kesempatan ini adik-adik kita, anak-anak sekolah yang masih punya kesempatan untuk berprestasi. Yang menjadi penentu hidup kita adalah kita sendiri,” kata Heru.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo menjelaskan, total sebanyak 44 peserta didik dari Jakarta dinyatakan lulus Program Beasiswa Indonesia Maju Tahap 2 terdiri dari 35 siswa SMA Negeri dan sembilan siswa dari SMA Swasta.

44 peserta didik dari DKI Jakarta ini telah melalui proses seleksi yang sangat panjang yaitu dari September hingga November 2022 melalui pendampingan dan sebagainya.

“Kemudian dari anak-anak itu pada hari ini hadir 34 orang, karena ada yang sedang ikut pelatnas OSN, ada yang sudah langsung ke lokasi kampus mereka di luar negeri. Lalu mereka juga lulus di jurusan bermacam-macam, ada yang teknologi, IT, Ilmu Lingkungan, Sains murni dan Ilmu Komputer,” jelas Purwosusilo.

Dia menambahkan, ke-44 siswa diterima di berbagai perguruan tinggi atau universitas luar negeri di antaranya The University of Illinois Chicago, University of Toronto, Nanyang Technological University, serta Michigan Tech University.

“Kami berpesan bahwa peserta didik yang lulus harus menjaga etika, patuhi aturan di negara bersangkutan, perkenalkan budaya Indonesia, serius menimba ilmu di sana. Lebih penting, jaga nama baik Jakarta dan Indonesia,” tandas Purwosusilo.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2095 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1077 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1019 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye798 personAldi Geri Lumban Tobing