You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas LH, Festival Ekonomi Sirkular, 2023
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas LH Gelar Festival Ekonomi Sirkular 2023, Pertama dan Terbesar di Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbagai penggiat ekonomi sirkular menggelar Festival Ekonomi Sirkular (FES) 2023 di Taman Menteng, Jakarta Pusat, 26 - 27 Juli 2023.

Praktik ini dapat membantu mengurangi volume sampah

Festival yang merupakan pertama dan terbesar di Indonesia ini dilaksanakan sebagai upaya mempertemukan antara pegiat usaha hijau dengan Offtaker-nya.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, Festival Ekonomi Sirkular 2023 ini menjadi salah satu wadah untuk melengkapi pemahaman masyarakat dan mendorong masyarakat supaya ikut terlibat aktif dalam gerakan ekonomi sirkular.

Pemprov DKI Ikut Serta di C40’s Climate Action Implementation Programme

Asep menyampaikan, ekonomi sirkular merupakan pendekatan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dengan mempertahankan nilai produk, bahan dan sumber daya selama mungkin.

Menurutnya, dalam konteks pengelolaan sampah, praktik sirkular ekonomi bisa diwujudkan melalui praktik pengurangan sampah, desain ulang, penggunaan kembali dan daur ulang.

“Praktik ini dapat membantu mengurangi volume sampah dan mengurangi tekanan pada sumber daya alam jika diimplementasikan dengan baik karena sampah dapat dijadikan sebagai bahan baku daur ulang,” ujar Asep, Senin (24/7).

Asep menjelaskan, penyebaran dan kesadaran terhadap konsep ini masih belum merata. Maka itu, diperlukan aksi konkrit untuk lebih memperkuat kesadaran dan pemahaman masyarakat akan arti pentingnya ekonomi sirkular untuk mengurangi volume sampah.

“Hal ini sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat,” ucap Asep.

Untuk diketahui, puluhan stan pameran dari elemen ekonomi sirkuler berbasis persampahan mulai dari pegiat maggot, pegiat bank sampah, pegiat kompos, pegiat ecoenzyme, UMKM hijau, kelompok tani hutan, start up, industri FMCG, Offtaker, sampai lembaga keuangan akan dipertemukan. Momen ini akan memberikan kesempatan bagi pelaku ekonomi sirkular untuk naik kelas.

Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas menarik mulai dari talkshow bersama industri FMCG dan lembaga keuangan, sharing session dengan berbagai pihak untuk membahas kisah suksesnya dalam gerakan ekonomi sirkular, sampai lomba dan doorprize dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1198 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1015 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1005 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. 560 Satpol PP Jaktim Siap Bantu Amankan Pilkada DKI

    access_time27-09-2024 remove_red_eye891 personNurito
  5. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Mendung

    access_time22-09-2024 remove_red_eye824 personTiyo Surya Sakti