You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Targetkan Kembalikan 80 Persen Temuan BPK
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

DKI Targetkan Kembalikan 80 Persen Temuan BPK

Pemprov DKI Jakarta menargetkan bisa mengembalikan kerugian negara hingga 80 persen. Kerugian tersebut merupakan hasil temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Keuangan (LHP) tahun anggaran 2014.

Ya yang dikembalikan itu adalah yang terindikasi kerugian. Kalau yang potensi itu ya didalami lebih lanjut

Inspektorat DKI Jakarta mencatat, berdasarkan hasil audit BPK ada 70 temuan dan 313 rekomendasi dengan nilai Rp 495 miliar. Temuan tersebut terdapat di 43 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

BPK Harus Transparan Soal Prosedur Audit

"Target kita bisa kembalikan 80 persen dari LHP 2014. Ini harus dikembalikan dan dipertanggungjawaban," kata Lasro Marbun, Kepala Inspektorat DKI Jakarta di Balaikota, Senin (13/7).

Ke-43 SKPD yang ditemukan adanya penggelembungan anggaran, diantaranya Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan (Diskominfomas), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pelayanan Pajak, Dinas Bina Marga, Dinas Sosial, Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Perhubungan dan Transportasi, serta UPT Transjakarta.

"Ya yang dikembalikan itu adalah yang terindikasi kerugian. Kalau yang potensi itu ya didalami lebih lanjut," tegas Lasro.

Lasro berharap agar SKPD terkait bisa bekerjasama untuk mengembalikan uang tersebut ke kas daerah. "Ini mengajak SKPD bahwa ini akan jadi masalah di kemudian hari. Kita mencegah ke depan jangan sampai kejadian lagi dan pastinya ini akan ada penegakkan hukum," ujarnya.

Lasro menargetkan pengembalian uang negara ini dalam jangka waktu 60 hari. Waktu tersebut merupakan kesempatan yang diberikan oleh BPK untuk memperbaiki laporan keuangan tahun 2014.

"Kita selesaikan dalam 60 hari ini dulu. Kan pejabat itukan bawahannya gubernur, kalau enggak tunduk ya berarti menyalahi gubernur. Tapi pejabat terkait juga ada kategorinya, dia menikmati atau tidak tahu," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito