You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pusyankeswannak Bambu Apus Dilengkapi Urban Farming
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pusyankeswannak Bambu Apus Dilengkapi Urban Farming

Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak) Taman Kelinci, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta di Jalan Bambu Apus Raya, RT 03/03, Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, kini dilengkapi dengan area urban farming (pertanian perkotaan).

Menanam yang cepat panen seperti, Cabai, Terung hingga Kangkung

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan urban farming ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan aset yang dimiliki untuk memberikan kemanfaatan secara nyata.

"Penanaman ini juga menjadi respons atas isu El Nino melalui Gerakan Jakarta Menanam. Kita menanam yang cepat panen seperti, Cabai, Terung hingga Kangkung," ujarnya, Rabu (2/8).

Dua Anak Kucing Dievakuasi dari Mesin Mobil

Elly menegaskan, pihaknya terus berupaya agar warga Jakarta bisa melakukan pemenuhan kebutuhan secara mandiri. Selama ini, sekitar 98 persen kebutuhan pangan Jakarta dipasok dari luar daerah.

"Saya mengapresiasi wali kota, camat, lurah dan warga di Jakarta Timur yang sangat menaruh perhatian terhadap ketahanan pangan, melalui sinergisitas dalam Gerakan Jakarta Menanam ini," ungkapnya.

Kepala Pusyankeswannak Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan menjelaskan, untuk area tanam urban farming yang digunakan seluas 400 meter persegi yang ditanam sayur-mayur serta tanaman obat keluarga.

"Hari ini kita tanam benih Bayam dan Kangkung sebanyak tiga kilogram, Terung 30 pohon, Cabai 58 bibit, serta tanaman obat keluarga. Dalam penanaman hari ini kita juga libatkan kader PKK dan petugas PPSU," terangnya.

Menurutnya, selain menghijaukan lingkungan, pemanfaatan lahan untuk urban farming ini sangat berguna untuk menjaga ketahanan pangan.

"Nantinya hasil panen akan kita bagikan ke warga sekitar untuk membantu pemenuhan gizi," ucapnya.

Lurah Bambu Apus, Novian Wijanarko, mengapresiasi Dinas KPKP DKI Jakarta bersama jajarannya yang sudah memberikan banyak bantuan untuk pengembangan  urban farming di wilayahnya.

"Konsumsi sayur-mayur ini sangat baik untuk kesehatan dan bisa mencegah stunting. Untuk itu, kami juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi warga untuk menanam dan membuat kolam gizi," bebernya.

Sementara itu, Dewan Kota Jakarta Timur,  Toto Suharto, sangat mendukung pelaksanaan pertanian perkotaan yang jika ditekuni secara serius  bisa menjadi sumber penghasilan bagi warga, sekaligus memenuhi kebutuhan sayur-mayur di Jakarta.

"Jika kebutuhan sayur-mayur bisa didapat di Jakarta, tentu harganya bisa semakin murah karena biaya transportasi bisa ditekan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati