You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 272 Peserta Ikuti Bimtek Hidroponik Dorong Produktivitas Urban Farming
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

272 Peserta Ikuti Bimtek Hidroponik Dorong Produktivitas Urban Farming

Sebanyak 272 peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Hidroponik yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

Bimtek kemarin diadakan untuk kali keempat atau terakhir bagi peserta

Bimtek ini menjadi upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas KPKP untuk mendorong masyarakat melakukan kegiatan budi daya pertanian di lahan yang terbatas.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, kegiatan ini merupakan bimtek lanjutan dari pelaksanaan sebelumnya.

Dinas KPKP Gandeng Komunitas Tanam 1.000 Mangrove di Muara Angke

"Bimtek kemarin diadakan untuk kali keempat atau terakhir bagi peserta. Mereka diberikan materi oleh praktisi yang memang sudah menguasai tentang pemasaran produk pertanian," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8).

Mujiati menjelaskan, Bimtek keempat ini juga menjadi sarana diskusi dan penyampaian kendala yang dihadapi peserta setelah pemberian sarana bertanam hidroponik.

"Sebelumnya kami telah memberikan sarana rak hidroponik lengkap kepada peserta Bimtek. Termasuk  kami juga memberikan benih atau bibit tanaman secara gratis," terangnya.

Menurutnya, untuk pelaksanaan Bimtek kali ini diikuti peserta dari unsur pengurus RPTRA, pondok pesantren, pengelola Rusun, dan pembina Kanwil Agama.

"Dinas KPKP telah memberikan 130 instalasi hidroponik di 93 lokasi, terdiri dari 40 RPTRA, 24 pondok pesantren, 26 rusun dan 3 titik usulan," ungkapnya.

Ia menambahkan, kebutuhan sayuran di Jakarta mencapai sekitar 150 ton per hari.  Sehingga, sangat potensial sekali untuk bisa menjadi peluang usaha dan menjaga ketahanan pangan.

"Kebutuhan sayuran hidroponik sendiri per harinya bisa mencapai sembilan sampai sepuluh ton. Tapi, sejauh ini baru bisa terpenuhi sekitar dua ton saja. Peluangnya masih sangat terbuka," bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta Bimtek, Nauval Riwayadi Muhammad mengaku sangat senang bisa mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang hidroponik hingga pemasaran produk pertanian.

"Melalui Bimtek yang keren ini, Alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapat untuk diaplikasikan dalam urban farming. Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas KPKP yang tidak hanya mengadakan Bimtek tapi juga membantu kebutuhan rak hidroponik hingga bibit," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati