You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kali Angke Bersih Dari Sampah
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Kali Angke Bersih dari Sampah

Kesiapan dan kesigapan Pegawai Harian Lepas (PHL) kebersihan yang siaga menjaga kebersihan Kali Angke, Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat ternyata tidak sia-sia. Buktinya, kali yang dulunya selalu kotor dipenuhi sampah kini telah bersih dari sampah.

Dulu, sebelum kami dikaryakan sampah di kali tersebut sangat banyak numpuk di jaring besi. Jadinya, selain kali tampak jorok juga aliran air jadi tidak lancar mengalir ke Muara Angke

Pantauan beritajakarta.com, Kali Angke yang melintas di dua wilayah, yaitu Kelurahan Kedaung Kaliangke, Kecamatan Cengkareng dan Kelurahan Wijakusuma, Kecamatan Grogol Petamburan yang airnya bermuara ke Muara Angke, Jakarta Utara yang biasanya penuh sampah kini sudah tak terlihat.

Darman (42), salah satu PHL kebersihan yang bertugas di kali tersebut mengatakan, dirinya bersama 10 rekannya ditugaskan untuk siaga membersihkan sampah di kali tersebut.

Sekda Instruksikan Walikota Bongkar Bangunan Liar

Dulu, sebelum kami dikaryakan sampah di kali tersebut sangat banyak numpuk di jaring besi. Jadinya, selain kali tampak jorok juga aliran air jadi tidak lancar mengalir ke Muara Angke,” ujar Darman, Selasa (14/7).

Dikatakan Darman, dulu saat pembersihan sampah yang nyangkut di jaring sampah menggunakan eskavator ditumpuk di pinggir kali, kini sudah tidak ada sama kali.

Kasatlak UPK Badan Air Jakarta Barat, Nuryadi menuturkan, pihaknya telah memasang sekat jaring pada sodetan Sekretaris dan Kali Pisangan yang airnya mengalir ke Kali Angke untuk menyaring sampah.

“Dulu sekat jaring sampah pada sodetan Kali Sekretaris dan Kali Pisangan tidak ada sama sekali hingga sampah dari dua kali tersebut dapat langsung mengalir ke Kali Angke. Tapi, setelah kami buat membuat sampah minim di Kali Angke,” tandas Nuryadi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1179 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1107 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1101 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye907 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye906 personNurito