You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Pusip DKI Terima Koleksi Buku Almarhum Ridwan Saidi
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Dinas Pusip DKI Terima Koleksi Buku Ridwan Saidi

Ratusan buku dan koleksi milik almarhum budayawan Betawi, Ridwan Saidi diserahkan oleh pihak keluarga ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta.

Kami mengucapkan terima kasih atas keikhlasan dari pewaris

Penyerahan buku dan koleksi ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah di Aula Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah menyampaikan terima kasih atas kedatangan keluarga untuk menyerahkan buku dan koleksi milk almarhum budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

Asyik..Perpustakaan Jakarta-Cikini Kembali Dibuka Mulai Lusa

"Kami mengucapkan terima kasih atas keikhlasan dari pewaris yakni anak dan istri budayawan Ridwan Saidi untuk menyerahkan buku dan koleksi. Mudah-mudahan ini menjadi penambahan koleksi di Dinas Pusip DKI Jakarta sebagai sumber pengetahuan," ujar Firmansyah, Jumat (11/8).

Ia menuturkan, almarhum Ridwan Saidi merupakan sosok multi dimensional yakni budayawan, politisi, aktivis dan sosial sehingga memiliki banyak buku bacaan.

"Semoga koleksi yang diserahkan akan bisa bermanfaat terutama bagi pemustaka yang ada di Jakarta," tuturnya.

Ia menjelaskan, Dinas Pusip DKI Jakarta saat ini paling banyak menyimpan koleksi karya milik sastrawan, HB Jassin. Sekitar 170 ribu koleksi dalam bentuk kliping, buku dan naskah kuno berkaitan dengan sastra.

"Ratusan koleksi karya sastra HB Jasin dirawat, diperbaiki dan sebagian besar telah didigitalisasikan untuk diwariskan kepada generasi mendatang," jelasnya.

Sementara putri pertama almarhum Ridwan Saidi, Syarifah Jihan Marina menuturkan, perwakilan perpustakaan PDS HB Jassin datang menemui pihak keluarga yang meminta pengelolaan buku dan koleksi milik budayawan Betawi, Ridwan Saidi untuk dilestarikan.

"Setelah enam bulan almarhum berpulang, kami mulai mengumpulkan buku dan koleksi lainnya milik almarhum dan diserahkan pengelolaannya ke Dinas Pusip DKI Jakarta," tuturnya.

Ia menambahkan, pihak keluarga bersyukur telah datang ke gedung perpustakaan PDS HB Jassin serta ikhlas menyerahkan buku dan koleksi untuk dilestarikan demi kebaikan amal jariyah  almarhum Ridwan Saidi dan semoga bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami sudah melihat bagaimana proses karya sastra yang dilestarikan. Semoga buku dan koleksi Babeh (Ridwan Saidi -Red) ini bisa dilestarikan dan dinikmati banyak orang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1204 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1022 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing