You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Peresmian, Revitalisasi TMII, Pj. Gubernur, Berharap, Ujung Tombak, Destinasi Wisata, Jakarta
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Revitalisasi TMII Diresmikan Presiden, Pj Gubernur Heru Berharap Dapat Menjadi Ujung Tombak Destinasi Wisata di Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI Joko Widodo, meresmikan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Jumat  (1/9) malam 

TMII ini seperti miniatur dari Indonesia

Revitalisasi TMII dilaksanakan atas sinergi Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

99 Personel Sudinhub Jaktim Bantu Pengamanan KTT ASEAN

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Heru berharap, TMII dapat menjadi ujung tombak destinasi wisata di Jakarta, karena merepresentasikan ragam budaya Indonesia. Sejalan dengan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, dengan wajah baru ini, TMII dapat menjadi ikon besar pariwisata di Indonesia.

“Kita yakin dengan wajah baru, TMII akan menjadi ujung tombak destinasi pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia, karena TMII ini seperti miniatur dari Indonesia,” ujar Heru, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI, Sabtu (2/9).

Heru menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam menjaga bersama TMII, karena menjadi ikon baru pariwisata nasional.

"Dalam hal ini, apabila sudah selesai pembangunannya, dan telah menghadirkan suasana baru, tugas kita adalah merawatnya bersama. Hal ini agar anak dan cucu kita di kemudian hari terus bisa menikmati berwisata ke TMII, karena ini merupakan warisan nasional," tambah Pj Gubernur Heru.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, revitalisasi TMII ini dilakukan untuk mengembalikan semangat awal destinasi wisata tersebut yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto. Revitalisasi ini mengembalikan TMII seperti masterplan awal, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

“Kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk, karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada masterplan awalnya, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga menjelaskan bahwa seluruh bangunan museum dan 33 anjungan daerah di TMII telah dipercantik dengan mengusung konsep inklusif, budaya, dan cerdas.

“Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru Taman Mini Indonesia Indah yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah, dan lebih nyaman,” tandas Presiden Joko Widodo.

Perlu diketahui, revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022 dengan anggaran lebih dari satu triliun rupiah. Selain itu, perusahaan BUMN, PT InJourney, juga menginvestasikan sekitar 200 miliar rupiah untuk beautifikasi dan atraksi lainnya.

Revitalisasi TMII merupakan bagian dari percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional. 

Wajah baru TMII menerapkan zona hijau, sehingga kendaraan beremisi hanya diperbolehkan sampai area parkir dan pengunjung dapat berkeliling dengan angkutan berbasis listrik yang telah disediakan.

TMII kini juga memiliki Contemporary Art Gallery dan Jagat Satwa Nusantara yang meliputi taman burung, taman reptil dan dunia air tawar yang telah dipercantik. 

Para pengunjung juga dapat menyaksikan beragam atraksi baru di TMII, seperti Dancing Fountain Show dengan pertunjukan dongeng pada water screen yang mengambil tema cerita rakyat Indonesia di Danau Archipelago.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati