You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 RSUD Kebayoran Baru Sukses Hadirkan Inovasi Pojok Layanan Obat
.
photo doc - Beritajakarta.id

RSUD Kebayoran Baru Sukses Hadirkan Inovasi Pojok Layanan Obat

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sukses meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga dengan menghadirkan inovasi di unit farmasi melalui Pojok Layanan Obat.

Waktu tunggu pasien di unit farmasi kini hanya 8,6 menit

Kepala Seksi Penunjang Medis RSUD Kebayoran Baru, Sari Asriningrum mengatakan, inovasi Pojok Layanan Obat terintegrasi dengan e-Resep, antrean obat, kasir, layanan antar obat hingga edukasi obat melalui barcode.

"Inovasi ini kami hadirkan untuk memberikan layanan kesehatan yang semakin optimal kepada warga," ujarnya, Rabu (27/9).

Sudinkes Jaksel Gelar Konvensi Mutu Bidang Kesehatan

Sari menjelaskan, inovasi ini hadir untuk meningkatkan akselerasi layanan dari sebelumnya rata-rata total waktu tunggu pasien mencapai 56 menit.

"Inovasi Pojok Layanan Obat menjadi jawaban mengingat pentingnya pengalaman waktu tunggu pasien dalam layanan kesehatan. Layanan yang cepat dan bagus akan menjadi citra baik bagi layanan kesehatan di Jakarta," terangnya.

Menurutnya, implementasi inovasi ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Nomor Direktur RSUD Kebayoran Baru Nomor 114/SE/2023 tentang Pemanfaatan Pojok Pelayanan Obat pada RSUD Kebayoran Baru.

"Sebelum ada aksi perubahan atau inovasi ini, waktu tunggu pasien di unit farmasi mencapai 29 menit. Namun, melalui inovasi Pojok Layanan Obat waktu tunggu pasien di unit farmasi kini hanya 8,6 menit," ungkapnya.

Sari menuturkan, petugas di RSUD Kebayoran Baru juga sudah melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada pasien yang menggunakan sistem Pojok Layanan Obat.

"Dari target sebesar 10 persen, rata-rata pemanfaatan Pojok Layanan Obat sudah mencapai 64,28 persen dari total resep yang masuk ke farmasi," ucapnya

Ia menambahkan, Pojok Layanan Obat juga memberikan manfaat nyata secara internal. Penggunaan kertas dapat minimalisir hingga 75 persen.

"Melalui e-Resep maka terjadi efisiensi penggunaan buku resep per bulan yang awalnya 60 buku resep menjadi hanya 15 buku resep setelah adanya inovasi Pojok Layanan Obat. Terjadi efisiensi buku resep atau paperless mencapai 75 persen," bebernya.

Ia berharap, layanan inovasi ini bisa diikuti RSUD Tipe D lainnya di Jakarta. Sehingga, nantinya masyarakat bisa lebih terlayani secara maksimal.

"Tentunya upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pasien akan terus dikembangkan dan berlanjut. Kita tidak cepat puas dan berhenti sampai di sini," ucapnya. 

Sementara itu, warga Kebayoran Baru, Rina Septiani (48), mengapresiasi inovasi Pojok Layanan Obat di RSUD Kebayoran Baru karena dinilai sangat memudahkan pasien, khususnya saat pendaftaran pengambilan obat hingga penerimaan obat.

"Sangat membantu sekali. Prosesnya simpel, hanya registrasi melalu handphone," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Plt Wali Kota Jaktim Tinjau Posko Antitawuran di Batu Ampar

    access_time16-04-2025 remove_red_eye4081 personNurito
  2. Sudin Tamhut Jaktim Tambah Pengamanan dan Sarpras di Taman Mahoni

    access_time11-04-2025 remove_red_eye2791 personNurito
  3. DPRD Dukung Jakarta Jadi Kota Perfilman

    access_time14-04-2025 remove_red_eye1771 personFakhrizal Fakhri
  4. Langkah Pemprov Gunakan Truk Sampah Listrik Diapresiasi

    access_time14-04-2025 remove_red_eye1568 personFakhrizal Fakhri
  5. Program Kampung Iklim Bakal Diimplementasikan di RW 01 Pondok Bambu

    access_time14-04-2025 remove_red_eye1433 personNurito

Hitung Mundur 22 Juni 2027

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik