You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dishub DKI Pamerkan Inovasi Alat Bantu Ajar Sistem Transportasi Publik Berbasis Rel
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dishub DKI Pamerkan Inovasi Alat Bantu Ajar Sistem Transportasi Publik Berbasis Rel 

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersinergi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berinovasi memproduksi alat bantu ajar bagi anak siswa TK dan SD seputar literasi sistem transportasi publik berbasis rel kereta api.

agar familiar mengenal seputar sistem transportasi publik kereta api seperti MRT dan LRT

Inovasi alat bantu ajar seputar stasiun kereta api dikemas dalam bentuk permainan ular tangga, paper craft, dan activity book ini juga dipamerkan di stan Navi Station pada kegiatan Jakarta Innovation Day (JID) 2023 yang digelar di lantai dasar Blok G Balai Kota sejak beberapa hari lalu.

Pantauan beritajakarta.id, pengunjung pameran JID dari kalangan siswa hingga orang dewasa sangat menikmati permainan yang berisi edukasi seputar stasiun kereta api yang ditampilkan di stan Navi Station.

ASN Pemkot Jakut Diajak Teladani Muhammad SAW

Kepala Seksi Angkutan Jalan Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Fajar Nugrahaini mengatakan, inovasi alat bantu ajar seputar literasi transportasi publik stasiun kereta api terbentuk dari hasil sinergi pihaknya bersama ITB dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Kami turut memamerkan inovasi alat bantu ajar di stan Navi Station dalam penyelenggaraan JID di Balai Kota untuk dipamerkan kepada pengunjung,” ujar Fajar Nugrahaini, Rabu (27/9).

Ia memaparkan, inovasi alat bantu ajar yang dipamerkan pada penyelenggaraan JID di Balai Kota berbentuk produk activity book, paper craft berbentuk kereta dan permainan seperti ular tangga.

"Tujuan alat bantu ajar dibuat untuk mengedukasi anak-anak TK dan SD agar familiar mengenal seputar sistem transportasi publik kereta api seperti MRT dan LRT. Alhamudillah, banyak pengunjung dari kalangan siswa, bahkan orang dewasa menikmati permainan ular tangga yang ditampilkan di stan Navi Station," katanya.

Ia menjelaskan, inovasi alat bantu ajar juga telah didaftarkan ke kompetisi Urban City International yang diikuti sebanyak 274 peserta dari berbagai negara.

"Alhamdulilah, inovasi alat bantu ajar ini terpilih menjadi salah satu dari 15 kandidat besar. Kami akan mempresentasikan kembali untuk meraih penghargaan di ajang International Award for Urban Innovation yang digelar di Guangzhou pada bulan Desember 2023," jelasnya.

Sementara dosen ITB, Widyarini Weningtyas menambahkan, pembuatan inovasi alat bantu ajar seputar sistem transportasi publik berbasis rel dibuat sebagai salah satu bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat.

"Ke depan, kami akan menggelar kunjungan ke 20 sekolah di Jakarta bertujuan mengedukasi siswa sehingga mereka mau menggunakan transportasi kereta api seperti MRT dan LRT," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2397 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Satu Unit Bus Sekolah Bantu Layani Antar Jemput Atlet Peparnas Solo

    access_time08-10-2024 remove_red_eye1224 personNurito
  3. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1147 personTP Moan Simanjuntak
  4. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1111 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1060 personAldi Geri Lumban Tobing