You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pasar Induk Kramatjati Berubah Fungsi Jadi Terminal Bayangan
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pasar Induk Kramatjati Jadi Tempat Mangkal Bus AKAP

Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur belakangan ini mulai berubah fungsi. Selain menjadi pusat jual beli sayur mayur dan buah-buahan, kini pasar tersebut juga dijadikan terminal bayangan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Awalnya saya keberatan bus AKAP masuk ke pasar. Namun karena alasannya hanya untuk arus mudik maka saya setuju, setelah itu tidak diperbolehkan lagi

Sedikitnya enam sampai tujuh PO bus tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur setiap harinya mangkal di pasar ini.

Pak Le (49), salah satu pengurus PO bus yang mangkal di Pasar Induk Kramatjati mengaku, pihak pengelola pasar mematok harga Rp 100 ribu per bus agar bisa mangkal di pasar itu. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya disepakati dari enam PO bus tersebut diwajibkan membayar uang parkir atau sewa lahan sebesar Rp 3 juta per bulan yang dibayarkan ke pengelola pasar.

22.358 Penumpang Tiba di Terminal Kalideres

Adapun PO bus yang mangkal di lokasi itu diantaranya, PO Kramatdjati, Zentrum, Bejeu, Shantika, Dedy Jaya dan Handoyo.

“Dari enam PO bus harus membayar Rp 3 juta per bulan ke pengurus pasar. Angka ini lebih murah dari sebelumnya karena awalnya pengurus pasar minta satu bus bayar Rp 100 ribu," ungkap Pak Le, Sabtu (25/7).

Menanggapi hal ini, Manajer Pasar Induk Kramatjati, Muhammad Salam tidak menampik adanya pembayaran yang dilakukan PO bus ke pengelola pasar. Namun, dirinya mengaku uang dari PO bus langsung disetorkan ke kantor pusat PD Pasar Jaya.

“Awalnya saya keberatan bus AKAP masuk ke pasar. Namun karena alasannya hanya untuk arus mudik maka saya setuju, setelah itu tidak diperbolehkan lagi. Lagi pula kan uangnya saya setorkan ke kas kantor pusat,” ujar Muhammad Salam.

Pantauan beritajakarta.com, bus-bus itu setiap harinya mangkal di areal parkir Pasar Induk Kramatjati tepatnya di sisi timur dekat pintu masuk. Biasanya, keberadaan bus-bus itu tampak mulai dari pukul 14.00 - 19.00.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye969 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye929 personAldi Geri Lumban Tobing