You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Air di Jakut Asin, Sudin Pertamanan Usulkan Water Treatment Plant
.
photo doc - Beritajakarta.id

Taman Mudah Mati Karena Air di Jakut Asin

Upaya Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakaman Kota Administrasi Jakarta Utara dalam merawat taman masih menemui banyak kendala. Selain minim unit truk tangki air penyiram tanaman, pihaknya juga dihadapkan pada persoalan air di Jakarta Utara yang mengandung garam.

Kami akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait dengan mengusulkan agar dibuat WTP yang nantinya digunakan sebagai tempat pengolahan air

"Kalau saya amati di lapangan, tanaman itu jadi sukar tumbuh dengan baik, karena air di Jakarta Utara itu asin. Ada kandungan garamnya. Jakarta Utara kan memang dekat dengan laut," ujar Agustin Pudjieastuti, Kasudin Pertamanan dan Pemakaman di Jakarta Utara, Sabtu (25/7).

Dia mengatakan, meskipun menggunakan pupuk berkualitas, tanaman tetap tidak bisa tumbuh dengan baik lantaran air yang mengandung garam.

Ahok akan Bangun Taman Keanekaragaman Hayati di Ciliwung

"Selain airnya mengandung garam, tanahnya pun juga asin dan berpasir. Tanaman yang cocok ya nggak jauh seperti pohon kelapa sawit, mangrove, dan kurma. Ketiga jenis tanaman itu juga bisa bertahan di musim kemarau. Berhubung saat ini sudah masuk musim kemarau," katanya.

Maka dari itu, pihaknya akan mengusulkan pembuatan Water Treatment Plant (WTP) dan menambah sumur timtek atau sumur penyimpanan air untuk tanaman di setiap taman di Jakarta Utara.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait dengan mengusulkan agar dibuat WTP yang nantinya digunakan sebagai tempat pengolahan air," terang Pudjieastuti.

Pembuatan sumur timtek (sumur bor), lanjutnya, untuk menampung air, yang mana air akan disedot dengan mesin alcon dari dalam tanah untuk menyiram tanaman.

"Di Jakut sendiri baru ada tiga sumur. Satu sumur di Kawasan Boulevard dan dua sumur di Perintis Kemerdekaan," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye943 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye920 personAldi Geri Lumban Tobing