You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perbaikan Tali-tali Air Jalan Raya Kelapa Nias Rampung Akhir Oktober
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kelurahan Cilangkap Gelar Makan Bareng Balita Stunting

Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, mengadakan acara makan bersama Balita stunting di RPTRA Tamplas Bambu, Selasa (24/10).

Enam Balita stunting diberikan makanan siap saji sehari tiga kali

Dalam kegiatan yang dibuka Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, enam Balita yang didampingi ibunya ini diberi makanan empat sehat lima sempurna yang disajikan pengelola RPTRA Tamplas Bambu. Kegiatan ini dihadiri  Plt Lurah Cilangkap, Eddy Sofyan Latief, Kepala Puskesmas Kelurahan Cilangkap Angga Gumelar dan sejumlah pengurus RW serta kader PKK.

Menurut Ritonga, program makan bersama yang digagas jajaran Kelurahan Cilangkap ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat pertumbuhan Balita Stunting. Selain itu, dihadirkan pula tokoh agama setempat untuk memberikan siraman rohani agar para orang tua lebih serius menjaga dan merawat anak-anaknya.  

Lima Balita Stunting di Ciracas Dinyatakan Sudah Sehat

"Kita libatkan tokoh agama dalam program makan bersama ini untuk memberikan motivasi pada orangtua Balita. Selama ini penanganan secara medis sudah rutin dilakukan dan kini diselingi dengan siraman rohani," papar Ritonga.

Ditambakan Ritonga, pihaknya juga gencar menjalankan program orangtua asuh bagi Balita stunting. Program ini melibatkan  ASN kelurahan, kecamatan, serta  CSR dari Kementerian Luar Negeri RI dan RS Adhyaksa.

"Enam Balita stunting di sini diberikan bantuan makanan siap saji sehari tiga kali melalui program orangtua asuh," jelasnya.

Kepala Puskesmas Kelurahan Cilangkap, Angga Gumelar menambahkan, dari enam balita stunting, satu di antaranya sudah mulai mengalami peningkatan. Jika bulan Juli berat badannya 10 kilogram, kini naik menjadi 12,8 kilogram. Namun ini juga belum dianggap aman karena idealnya beat badan 14 kilogram.

"Agar tumbuh kembang anak terminator dengan baik, kami lakukan pengawasan terpadu bersama kelurahan dan kecamatan," kata Angga.

Mukti Reski (29), salah satu orangtua Balita warga RT 05/ RW 06 Kelurahan Cilangkap, mengaku saat ini anaknya yang berusia 4,6 tahun sudah makan sacra teratur dan berat badannya mengalami kenaikan. Dia berharap, lewat program orangtua asuh anak ketiganya ini bisa bebas stunting.

"Alhamdulillah, anak saya sudah doyan makan, sehari tiga kali. Menunya setiap hari ganti-ganti," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1554 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1487 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1463 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1451 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1418 personAldi Geri Lumban Tobing