You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas Nakertransgi Gelar Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja
.
photo doc - Beritajakarta.id

Dinas Nakertransgi Gelar Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Eneri (Nakertransgi) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja Antar Pusat Pelatihan Kerja (PPK) Tahun 2023 di PPKD Jakarta Timur pada 15-16 November.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat penting

Kompetisi ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang merupakan perwakilan setiap Pusat Pelatihan Kerja Daerah di lingkungan Dinas Nakertransgi Provinsi DKI Jakarta. Lima kejuruan yang dikompetisikan yakni, Kejuruan Tata Busana, Tata Rias, Desain Grafis, Teknik Pendingin dan Teknik Sepeda Motor.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, kualitas kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing perlu ditingkatkan sebagai upaya mempersiapkan diri di era revolusi industri 4.0.

Dinas Nakertransgi Gelar FGD Pengelolaan Energi Jakarta

Dia menilai, peningkatan kualitas SDM ini sebagai investasi yang sangat diperlukan dalam rangka merespons perubahan-perubahan yang begitu cepat terjadi.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat penting agar dapat bersaing dalam persaingan global dan tidak tersingkir oleh serbuan SDM dari mancanegara dalam pasar kerja dan dunia usaha,” ujar Hari, Kamis (16/11).

Maka dari itu, sambungnya, untuk mewujudkan hal tersebut berbagai upaya dilakukan melalui program dan kegiatan yang dikelola oleh pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh potensi sumber daya. Salah satu kegiatan dimaksud melalui Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja Antar PPK.

“Kompetisi ini merupakan ajang bagi peserta maupun lulusan dari Pusat Pelatihan Kerja unjuk kemampuan ata kompetensi pada bidang keahlian tertentu,” ucap Hari.

Hari menjelaskan, Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja Antar PPK harus diselenggarakan dengan berkualitas dan dimanfaatkan sebaik-baiknya guna menemukan putra-putri terbaik dari lulusan Pusat Pelatihan Kerja.

Dia menyampaikan, Kompetisi Antar PPK ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan kualitas dan kualifikasi lulusan pelatihannya sehingga bisa menjadi gambaran yang baik bagi dunia usaha dan industri untuk menyerap lulusannya.

Hari menambahkan, kegiatan Kompetisi Antar PPK juga dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk memotivasi para peserta pelatihan kerja agar selalu berupaya untuk mengembangkan kompetensinya hingga mencapai standar internasional.

“Kesuksesan Kompetisi Antar PPK juga menggambarkan efektivitas dalam melaksanakan pembinaan terhadap bidang pendidikan dan pelatihan kerja,” kata Hari.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Heny Mayawati. Dia mengatakan, ajang ini tidak sekadar unjuk kemampuan/kompetensi pada bidang keahlian tertentu.

“Tapi juga dapat memotivasi para peserta pelatihan kerja agar selalu berupaya untuk mengembangkan kompetensinya,” ucapnya.

Untuk diketahui, Pemenang Kompetisi Peserta Pelatihan Kerja Antar PPK Tahun 2023 per Kejuruan mendapat penghargaan berupa :

a. Juara 1 mendapatkan piagam sertifikat, piala, dan handphone

b. Juara 2 mendapatkan piagam sertifikat, piala dan handphone

c. Juara 3 mendapatkan piagam sertifikat, piala dan handphone

“Semua peserta kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat,” tandasnya.

Reporter: Aldi Geri

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye973 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing