You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispusip DKI Umumkan Pemenang Lomba Perpustakaan
.
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Ini Pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Dispusip DKI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta, Jumat (8/12), mengumumkan pemenang Lomba Perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs tingkat Provinsi DKI.

M eningkatkan kinerja mutu penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sekolah

Kepala Dinas Perpusip DKI, Firmansyah mengatakan, lomba yang digelar November kemarin merupakan perdana diselenggarakan di DKI Jakarta. Tujuannya untuk membina perpustakaan sekolah dan madrasah agar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaannya sesuai dengan standar nasional.

"Lomba ini juga untuk meningkatkan kinerja mutu penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sekolah dan madrasah," kata Firmansyah.

Peringatan Hari Aids Sedunia Digelar di Perpustakaan HB Jassin

Selain itu  untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam proses pembelajaran di sekolah dan madrasah dalam mewujudkan warga sekolah yang literat. Kemudian untuk mewujudkan budaya gemar membaca warga sekolah dan sekitarnya.

Menurutnya, peserta lomba merupakan pemenang Lomba Perpustakaan SD/MI dan SMP/MTs tingkat kota dan kabupaten yang diselenggarakan sebelumnya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, ungkap Firman, pihaknya menghadirkan dewan juri dari Perpustakaan Nasional RI, Asosiasi Professional Pustakawan, Asosiasi Professional Tenaga Perpustakaan Sekolah. Kemudian dari Asosiasi Penerbit, Akademisi dan Dinas Pendidikan DKI.

Adapun jenis lomba yang dipertandingkan terdiri dari dua komponen utama yaitu Transformasi Perpustakaan dan Implikasi Perpustakaan terhadap Pembelajaran.

"Pengukuran kualitas perpustakaan sekolah dilakukan secara objektif, sahih dan memiliki kesesuaian dengan apa yang seharusnya diukur atau reliabilitas,"ucapnya.

Untuk Juara Pertama diraih Perpustakaan SDS Islam Tugasku Jakarta dengan skor 6557. Disusul SD YASPORBI I di Peringkat Kedua dengan skor 5302. Peringkat Tiga 3 SD Negeri Menteng 03 Jakarta dengan skor 4350 dan urutan Keempat dan Lima adalah SD Negeri Kebon Jeruk 06 dengan skor 3583 dan SD Islam Al- Azhar Kelapa Gading Jakarta dengan skor 3535.

Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs, Perpustakaan SMP Negeri 85 Jakarta meraih Juara Pertama dengan skor 5745, Juara Kedua SMP Negeri 142 Jakarta  dengan skor 5706. Peringkat Tiga SMP Negeri 20 Jakarta dengan skor 5641 dan Peringkat Empat dan Lima adalah SMP Kristen Penabur 1 Jakarta dengan skor 5446 dan SMP Negeri 30 Jakarta dengan skor 5427.

Dia berharap, nantinya perpustakaan sekolah dapat lebih berperan dalam menciptakan ekosistem belajar yang mengedepankan intelektualitas, integritas, kreativitas dan sinergitas.

"Penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sekolah ke depan harus diarahkan pada Visi Negeri ini yaitu Mewujudkan Indonesia Emas 2045," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1544 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1481 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1459 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1446 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1414 personAldi Geri Lumban Tobing