You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Berikan Pelatihan pada Peserta Jambore
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Berikan Pelatihan pada Peserta Jambore dan Raimuna Daerah

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memberikan berbagai macam pelatihan pada peserta Jambore dan Raimuna Daerah di Kempi 5 Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (9/12). Tercatat ada 80 peserta yang mendapatkan pelatihan Taruna Saka Bumi ini.

T erkait dengan sektor pertanian, peternakan dan perikanan

Pantauan di lapangan, anggota Pramuka ini diberikan pelatihan membuat  tahu bakso, ayam pok pok, olahan kudapan pisang dan ubi. Kemudian ada olahan kudapan ubi-ubian seperti tepung mocaf menjadi pie brownies dan lainnya.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI, Mujiati menuturkan, selain membuat aneka makanan, pihaknya juga memberikan pelatihan budidaya sayuran secara hidroponik, pengolahan minuman sehat, merangkai bunga smootles pakcoy. Kemudian pemeliharaan Kelinci sebagai hewan kesayangan, pengenalan budidaya alpukat Cipedak dan lainnya.

Anwar Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jacking di Cibubur

"Dalam kegiatan Jambore dan Raimuna Daerah ini, kami berperan memberikan materi pengenalan sejumlah materi pada peserta. Khususnya yang terkait dengan sektor pertanian, peternakan dan perikanan," kata Mujiati.

Dia berharap, melalui pelatihan ini para peserta yang merupakan pelajar dan generasi penerus bangsa, akan memiliki rasa peduli dan memahami manfaat dari sektor pertanian, perikanan dan peternakan.

Dalam memberikan materi pelatihan, jelas Mujiati, pihaknya bersinergi dengan SMKN 63 Jakarta. Karena sekolah ini lebih cenderung memberikan pelajaran soal pertanian. Selain itu juga dengan Perumda Dharma Jaya, soal pentingnya protein hewani bagi pertumbuhan tubuh manusia sekaligus pengenalan jenis-jenis daging sehat.

Kemudian ada materi pengenalan bahaya penyakit tanaman yang diberikan oleh Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI.

"Kami juga menggandeng kelompok tani D'Shafa dalam memberikan materi soal urban farming," tuturnya.

Salah seorang peserta, Syaqilla Putri Elyansyah (16), siswa kelas 10 SMKN 1 Jakarta jurusan bangunan, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini karena dirinya memang suka memasak dan membuat kue.

"Karena saya sekolah mengambil jurusan bangunan, tentu tidak ada pelajarannya di sekolah. Jadi saya sangat senang dan tertarik dengan adanya pelatihan Saka Taruna Bumi ini," ujar warga Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1022 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing