You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj Gubernur Heru Lakukan Panen Bersama hingga Luncurkan Pangan Murah
.
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Pastikan Ketersediaan Pangan dan Stabilitas Harga, Pj. Gubernur Heru Lakukan Panen Bersama hingga Luncurkan Pangan Murah

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemprov DKI Jakarta memastikan stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok. Hal ini dilakukan secara sinergi  dengan berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan di Jakarta. 

Hari ini DKI Jakarta melakukan panen bersama di 345 lokasi

Untuk itu, hari ini, Rabu (20/12), Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan panen cabai bersama secara serentak bersama Kelompok Tani Pinggir Bumi (KTPB), di Buperta Cibubur, Cipayung, Jakarta Timur.

Panen cabai tersebut turut disaksikan secara hybrid bersama Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan yang merupakan mitra kerja sama Pemprov DKI dalam hal pengembangan potensi daerah.

Dinas KPKP - Bapenda DKI Panen Buah Melon

Ia juga didampingi Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Marulina Dewi, Kepala Biro Kepala Daerah Mawardi, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, serta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Mirdiyanti.

Saat berdiskusi dengan sesama kepala daerah, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, upaya panen bersama ini dilakukan untuk memastikan harga cabai bisa dikendalikan. Pj. Gubernur Heru turut menjelaskan, panen cabai dilakukan pula di 345 lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan volume sekitar 10,2 ton.

"Kami laporkan, setelah melakukan panen ini, kami juga akan mengunjungi Pasar (Induk Kramat Jati) untuk mengoperasikan hasil panen. Kami memantau harga cabai di Jakarta yang saat ini sudah mulai ada penurunan, tapi masih di harga Rp 90.000-an. Hari ini DKI Jakarta melakukan panen bersama di 345 lokasi," ujar Pj. Gubernur Heru saat berdialog melalui Zoom.

Kemudian Pj. Gubernur Heru mengimbau kepada jajarannya di seluruh wilayah administratif agar terus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga pangan. Dengan demikian, warga Jakarta akan terjamin ketersediaan pangannya jelang Nataru.

"Kepada seluruh wali kota dan bupati yang hadir dalam kegiatan panen massal ini, saya mengucapkan selamat (memanen). Kita akan panen dan mudah-mudahan ketahanan pangan terus stabil dan berkelanjutan," ungkap Pj. Gubernur Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Pj. Gubernur DKI dengan Pj. Gubernur Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah. 

Dalam perkembangannya, jelas Elly, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Sulawesi Selatan ikut serta mendukung pengendalian harga dan pemenuhan kebutuhan pangan di Jakarta.

“(Sebagai) bentuk komitmen pimpinan daerah terhadap stok kebutuhan pangan menjelang Nataru, hari ini semuanya setelah panen langsung ke pasar untuk melakukan peninjauan terhadap stok dan harga. Terakhir adalah melakukan pangan murah serentak," pungkasnya.

Usai panen cabai, Pj. Gubernur Heru turut memantau harga bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, turut dilepas puluhan armada untuk Gerakan Pangan Murah (GPM) yang akan menjual produk berkualitas dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan harga terjangkau.

Adapun rincian produk pangan murah yang akan dijual antara lain:

1. PT Food Station Tjipinang Jaya, komoditas berupa beras, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu.

2. Perumda Dharma Jaya, komoditas berupa daging ayam dan daging sapi.

3. Perumda Pasar Jaya, komoditas berupa cabai, bawang, minyak, beras, gula, dan sembako lainnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye913 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati