You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ketua Komisi A DPRD Menilai Kinerja Pj Gubernur DKI Excellence
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Ketua Komisi A DPRD Nilai Kinerja Pj Gubernur Heru Unggul

Berbagai kebijakan dan program kerja Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan. Salah satunya dari Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono yang menilai kinerja Heru Budi Hartono excellence atau unggul.

Kerja-kerjanya didasarkan data yang valid, bukan atas dasar asumsi-asumsi

"Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tipikal pemimpin sekaligus birokrat yang berorientasi kepada hasil, bukan hingar binggar pemberitaan media," ujar Mujiyono, Jumat (5/1).

Menurutnya, sosok Heru Budi Hartono merupakan birokrat tulen yang berorientasi kepada hasil yang nyata dan dapat dicapai.

Heru dan Ridwan Kamil Sepakat Perkuat Sinergisitas

"Kerja-kerjanya didasarkan data yang valid, bukan atas dasar asumsi-asumsi," kata Mujiyono yang juga sebagai Penasehat Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta.

Dikatakan Mujiyono, Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta telah mengamati sejumlah prestasi atau keberhasilan yang ditorehkan Heru Budi Hartono selama menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta. Di antaranya, menurunkan prevalensi stunting di Jakarta dari 16,8 persen menjadi 14,8 persen.

Dalam penanganan stunting, sambung Mujiyono, Pemprov DKI Jakarta melakukan intervensi selama dua minggu sekali dengan memberikan makanan sehat, susu, dan pemeriksaan kesehatan.

"Dari jumlah 22.000 anak yang mengalami stunting sebanyak 9.000 sudah lulus ditangani," ungkapnya.

Kemudian dalam program penanggulangan banjir, lanjut Mujiyono, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Heru Budi Hartono berhasil menuntaskan sodetan Ciliwung sehingga dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, akhir Juli 2023.

"Kehadiran sodetan Ciliwung diharapkan dapat memitigasi banjir di Jakarta, khususnya di wilayah yang dialiri Sungai Ciliwung," tuturnya.

Ia memaparkan, Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Heru Budi Hartono juga telah melanjutkan pembangunan sarana transportasi massal untuk mengatasi kemacetan, yakni MRT Koridor Timur-Barat dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Koridor ini akan melayani rute Cikarang-Jakarta-Balaraja dan Tomang-Medan Satria.

"Serta mendorong integrasi transportasi antarkota terealisasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Lintas Raya terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek)," paparnya.

Ia menambahkan, Pj Gubernur Heru Budi Hartono juga berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas ekonomi dan ketahanan pangan di Jakarta dengan merevitalisasi pasar tradisional untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang didukung pengawasan distribusi pangan bersubsidi, monitoring harga, menjaga ketersediaan stok pangan di pasar serta membangun kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk menjaga kelancaran pasokan bahan pangan ke Jakarta.

Kemudian, mengatasi kemiskinan ekstrem di Jakarta melalui Program Intervensi Kemiskinan Terpadu yang dilaksanakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan  melakukan validasi dan pemutakhiran data agar tepat sasaran. Fokus program ini mengurangi beban pengeluaran keluarga tidak mampu melalui bantuan atau layanan sosial.

Ditambahkan Mujiyono, Heru Budi Hartono juga berhasil membawa Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Terbaik kategori Jawa dan Bali. Jakarta terbukti mampu menjaga laju inflasi dengan year on year (yoy) sebesar 2,93 persen pada Agustus 2023 yang  lebih rendah dari pada laju inflasi nasional yang mencapai 3,27 persen.

“Melalui prestasi ini, Pemprov DKI Jakarta menerima insentif fiskal sebesar Rp 10.171.644.000 yang dialokasikan untuk subsidi pangan murah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Perumda Dharma Jaya Berikan Bantuan Gizi Anak Rawan Stunting

    access_time23-02-2024 remove_red_eye4894 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 477 Warga Cilangkap Terima Bansos Beras

    access_time23-02-2024 remove_red_eye4152 personNurito
  3. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Cerah Berawan dan Hujan Ringan

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3515 personAnita Karyati
  4. Sudin PPKUKM Jakbar Dorong Pelaku UKM Miliki NIB

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3473 personTP Moan Simanjuntak
  5. 150 Peserta Ikut Kampanye Germas di Mitra Praja Sunter

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3450 personAnita Karyati