You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Selama 2023, Sudin Dukcapil Jaksel Layani 273.531Pembuatan IKD
....
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

273.531 Warga Jakarta Selatan Sudah Buat IKD

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan telah melayani sebanyak 273.531 warga yang membuat atau melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di tahun 2023.

Te rus kita lakukan akselerasi

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Nur Rahman mengatakan, transformasi data kependudukan ke dalam sebuah aplikasi digital ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan, mempermudah pelayanan publik, hingga mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

"IKD merupakan aplikasi yang lengkap karena IKD dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, dan lainnya," ujarnya, Kamis (11/1). 

6.784 Warga Kepulauan Seribu Sudah Membuat Identitas Kependudukan Digital

Nur Rahman menjelaskan, IKD merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk memberikan kemudahan dan simplifikasi kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) ke depan.

"Jakarta akan menjadi kota global. Salah satu indikatornya tentu adalah penggunaan teknologi agar tidak ketinggalan dengan kata-kata maju di dunia," terangnya.

Selain layanan IKD, imbuh Nur Rahman,

Sudin Dukcapil Jaksel juga telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) mencapai 99,7 persen dari 1.793.287 warga wajib KTP atau mencapai 1.788.000 orang. 

"Untuk sisanya ini yang terus kita lakukan akselerasi. Kita menghadapi kendala banyaknya warga ber-KTP Jakarta Selatan yang tinggal di luar daerah," bebernya.

Dalam memaksimalkan pelayanan, lanjut Nur Rahman, pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan di loket, tetapi juga melakukan sistem jemput bola, baik di lingkungan permukiman warga hingga sekolah-sekolah.

"Kita juga memberikan layanan door to door bagi penyandang disabilitas, orang sakit dan jompo. Kemudian, ada program  Kampung Sadar Adminduk atau Kamsa. Kita ingin seluruh warga Jakarta Selatan tertib adminduk," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Mampang Prapatan, Doni (26) mengapresiasi layanan jemput bola yang diberikan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan. Terutama, pada layanan aktivasi IKD.

"Melalui pembuatan IKD ini, identitas diri kita ada di smartphone, sangat memudahkan untuk berbagai keperluan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1464 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1278 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1070 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1011 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye983 personDessy Suciati