You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 10.718 Pohon di Jakarta Utara Dipangkas di 2023
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin Tamhut Jakarta Utara Tangani 10.718 Pohon Rawan Tumbang di 2023

Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Utara telah melakukan penanganan sebanyak 10.718 pohon rawan tumbang selama periode Januari hingga Desember 2023. Pohon-pohon tersebut tersebar di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara.

Pohon yang pangkas berdasarkan lima kategori

Kepala Seksi Jalur Hijau, Sudin Tamhut Jakarta Utara, Priharto Budi Susilo mengatakan, penanganan pohon meliputi, penebangan pada pohon yang sudah kering (mati) dan kondisi membahayakan (keropos). Kemudian, ada juga pemangkasan pohon yang sudah terlalu rimbun.

"Pemangkasan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang maupun sempal terutama saat hujan deras disertai angin kencang. Pohon yang pangkas berdasarkan lima kategori yakni, ringan, sedang, berat, tebang, dan rawan tumbang," ujarnya, Jumat, (12/1).

Enam Pohon Rawan Tumbang di Kembangan Dipangkas

Budi merinci, sebanyak 2.006 pohon dipangkas ringan, 6.587 pohon dipangkas sedang, 1.660 pohon dipangkas berat, dan 276 pohon dilakukan penebangan. Pemangkasan juga dilakukan saat terjadi pohon tumbang, tercatat pohon sempal sebanyak 53 pohon dan tumbang 136 pohon.

"Penanganan pohon dilaksanakan oleh petugas dari Satuan Pelaksana Tamhut Kecamatan dengan jumlah 10 sampai 15 personel. Ada juga dari tim Sudin atau tingkat kota. Mereka juga menangani kasus di jalur hijau maupun perumahan warga," terangnya.

Menurut Budi, adanya pemangkasan atau penebangan pohon ini juga diiringi penanaman pohon karena keberadaan pohon ini penting untuk penghijauan serta meminimalisir polusi udara. Untuk itu, pihaknya terus melakukan perawatan dan pengawasan agar masyarakat terjaga keamanan dan kenyamanannya.

"Diingatkan kembali kepada warga Jakarta yang merasa di rumahnya atau di jalan ada pohon rawan tumbang untuk segera melapor melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI atau langsung kepada petugas setempat," tegasnya.

Sementara itu, salah seorang warga RW 10, Kelurahan Sunter Jaya, Ilham mengaku pernah melaporkan kejadian pohon tumbang melalui aplikasi Jaki. Tidak menunggu lama, petugas langsung menindaklanjuti.

"Saya mengapresiasi petugas Sudin Tamhut Jakarta Utara yang merespons cepat aduan warga. Saya juga menilai

pemangkasan pohon membuat lingkungan tampak terlihat bersih, terang, dan tertata," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1135 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye985 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye965 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye839 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing