You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Orang Tua Siswa Disabilitas Senang Pemprov DKI Luncurkan Bus Sekolah Khusus
....
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Orang Tua Siswa Sambut Baik Kehadiran Bus Sekolah Berkebutuhan Khusus

Kehadiran bus sekolah berkebutuhan khusus yang diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak hanya disambut antusias oleh para siswa, melainkan juga para orang tua siswa.

Saya tidak lagi mengeluarkan biaya transportasi saat mengantar anak bersekolah

Seperti dirasakan Karsinah (48), salah satu orang tua siswa berkebutuhan khusus, Yahra Zahzabila (10). Dirinya merasa senang karena dengan hadirnya bus sekolah berkebutuhan khusus, ia tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi mengantarkan sang anak ke sekolah.

"Saya tidak lagi mengeluarkan biaya transportasi saat mengantar anak bersekolah di SLB YPAC di Kebayoran Baru, karena Pemprov DKI menyediakan armada bus sekolah berkebutuhan khusus gratis,” ujar Karsinah, ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (17/1).

Intip Fasilitas Bus Sekolah Berkebutuhan Khusus Milik Pemprov DKI

Ia mengaku, sebelumnya kerap kesulitan saat mengantarkan anaknya, Yahra Zalzabillah dari kediaman di bilangan Cakung menuju sekolah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Perjalanan dari rumah menuju sekolah memakan waktu sekitar 1,5 jam. Yahra sering telat masuk sekolah karena jarak tempuh yang jauh," katanya.

Karsinah mengaku bersyukur sejak bus berkebutuhan khusus beroperasi awal Januari lalu, dirinya tak lagi khawatir terlambat mengantarkan putrinya menuju sekolah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono yang sudah memikirkan kebutuhan sarana transportasi khususnya bagi kami yang memiliki anak penyandang disabilitas,” tuturnya.

Pendapat senada disampaikan Santi (40), orang tua siwa disabilitas bernama Hany Putri yang tinggal di bilangan Kedoya, Jakarta Barat.

“Sejak beroperasi awal Januari 2024, saya tidak lagi mengeluarkan biaya transportasi dan lebih mudah saat mengantarkan anak  bersekolah dari kediaman di Kedoya menuju sekolah YPAC Kebayoran Baru. Apalagi lokasi pemberhentian bus persis di depan jalan masuk menuju rumah," ungkapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengrapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang telah memberikan akomodasi layak kepada anak penyandang disabilitas.

Menurutnya, penyediaan akomodasi bus sekolah berkebutuhan khusus membuktikan bahwa Pemprov DKI memiliki visi yang sama dengan pemerintah pusat.

"Penyediaan armada bus sekolah disabilitas merupakan implementasi dari UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Disabilitas. Orang tua dari anak disabilitas tidak khawatir lagi saat hendak mengantarkan anak bersekolah,” tandasnya.

Angkie berharap, Pemprov DKI dapat menjadi percontohan untuk beberapa provinsi lainnya karena telah menyediakan akomodasi yang sangat membantu sehingga anak berkebutuhan khusus dapat bersekolah sebagaimana mestinya.

Diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono secara resmi meluncurkan pengoperasian lima unit armada bus berkebutuhan khusus di halaman Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/1).

Menurut Heru, kehadiran lima armada bus sekolah tersebut untuk membantu mengakomodasi pelajar berkubutuhan khusus.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1087 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing