You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Warga Gotong Royong Perbaiki Jembatan Penganten di Pulau Untung Jawa
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Warga Gotong Royong Perbaiki Jembatan Pengantin

Warga di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat melakukan gotong royong memperbaiki Jembatan Pengantin.

Memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puja Berhias Pulau Untung Jawa, Rusli mengatakan, Jembatan Pengantin merupakan salah satu ikon destinasi wisata di Kepulauan Seribu.

"Perbaikan ini guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. Sebanyak 70 orang mengikuti kerja bakti memperbaiki Jembatan Pengantin, termasuk petugas PPSU," ujarnya, Senin (29/1).

Penutup Saluran Penghubung Jembatan Lima Diperbaiki

Rusli menjelaskan, kerusakan gelagar atau bagian bawah jembatan ini terjadi sejak tahun lalu. Sebelumnya, pada bulan September 2023 perbaikan sudah pernah dilakukan pihak Kelurahan Pulau Untung Jawa, namun terjangan ombak laut membuat jembatan kembali rusak.

"Kita ingin Jembatan Pengantin kembali kokoh karena sangat diminati wisatawan, termasuk untuk melakukan swafoto," terangnya.

Menurutnya, perbaikan jembatan sepanjang 50 meter dengan lebar 1,5 meter tersebut dilakukan dengan dana swadaya Pokdarwis dan masyarakat Pulau Untung Jawa.

"Gelagar atau bagian bawah jembatan ini sebelumnya hanya plastik PVC, sekarang kita cor agar semakin kuat dan kokoh. Pengecoran dilakukan secara manual dengan bahan material seperti semen, pasir dan batu split," bebernya.

Ia menambahkan, Pulau Untung Jawa merupakan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan tiap akhir pekan. Untuk itu, pengerjaan ditargetkan rampung secepatnya.

"Saat ini yang sudah dicor sepanjang delapan meter atau progresnya sekitar 16 persen. Kendala saat ini sudah mulai memasuki hujan, sehingga proses pengeringan cornya butuh waktu yang lama," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga yang sudah gotong royong memperbaiki Jembatan Pengantin.

"Kami ikut mengerahkan sebanyak 15 petugas PPSU setiap harinya. Ini wujud kerja sama yang baik antara unsur pemerintah dan warga," ucapnya.

Ia berharap, perbaikan Jembatan Pengantin cepat selesai agar jembatan dapat berfungsi kembali. Sehingga, wisatawan yang melintas juga merasa aman dan nyaman, bahkan bisa kembali menjadi tempat favorit untuk spot berfoto.

"Terima kasih atas dukungan masyarakat. Warga Pulau Untung Jawa memiliki kepedulian dan gotong royong yang tinggi terhadap lingkungan. Semoga pengerjaan cepat selesai," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2687 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2492 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2366 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2363 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2238 personTP Moan Simanjuntak