You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Dukung Ekosistem Pers yang Adaptif dan Kebebasan Pers
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Dukung Ekosistem Pers yang Adaptif dan Kebebasan Pers

Pemprov DKI Jakarta mendukung penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 yang berlangsung di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (20/2).

Ekosistem pers yang adaptif harus didukung

Bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia dan Dewan Pers, acara ini mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa’.

Puncak Peringatan HPN 2024 ini turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

HPN 2023, Heru: Insan Pers Harus Miliki Semangat Positif Membangun Jakarta

Pj Gubernur Heru menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta mendukung ekosistem pers yang adaptif dan kebebasan pers di Provinsi DKI Jakarta.

Pj Gubernur Heru mengatakan, di tengah banyak tantangan yang dihadapi insan pers saat ini, maka Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat akan terus mendukung ekosistem pers yang adaptif atau dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi yang terus berkembang semakin modern dan canggih. Hal itu sejalan dengan arahan yang disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Puncak Peringatan HPN 2024.

“Ekosistem pers yang adaptif harus didukung, sehingga insan pers mampu terus bertahan di tengah perkembangan zaman. Selain itu, kebebasan pers juga harus dihormati, agar insan pers mampu menghasilkan jurnalisme yang berkualitas dan industri pers tetap berkelanjutan,” kata Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.


Ia pun mendukung Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Jurnalisme yang Berkualitas (Publisher Rights) yang telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Perpres ini akan menjadi payung hukum untuk mendukung jurnalisme berkualitas dan mengedukasi masyarakat untuk kemajuan Indonesia.

“Dengan adanya Perpres ini, kami harapkan akan semakin banyak muncul karya jurnalisme yang dapat mengedukasi masyarakat untuk kemajuan Indonesia. Peran pers sangat krusial, sebagai penyampai informasi berbagai program pemerintah dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat,” ujar Pj Gubernur Heru.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi.

“Saya berterima kasih pada insan pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani. Atas nama rakyat dan pemerintah, saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024,” kata Presiden Jokowi.

Dengan adanya berbagai tantangan yang dihadapi insan pers di era digital, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah terus berupaya mendukung ekosistem pers yang adaptif dan tetap menghormati kebebasan pers. Salah satu wujud dukungan tersebut melalui Perpres tentang Publisher Rights.

“Saya menandatangi Perpres yang mengatur tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Perpres Publisher Rights. Sebelum menandatangani, saya betul-betul mendengarkan aspirasi dari rekan-rekan pers,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Perpres ini selain untuk menciptakan jurnalisme berkualitas, juga memastikan keberlanjutan industri media nasional dengan kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Ia juga mengharapkan, perusahaan pers dapat memikirkan langkah konkret untuk terus melakukan inovasi dalam merespons perubahan zaman. Tidak hanya itu, pers harus mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah persaingan global.

Untuk diketahui, Puncak Peringatan HPN 2024 merupakan bagian dari serangkaian acara yang telah diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama Persatuan Wartawan Indonesia dan Dewan Pers, pada 17-20 Februari 2024.

Sejumlah seminar telah dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten yang membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye8803 personNurito
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Berawan Hingga Diguyur Hujan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye5242 personAnita Karyati
  3. Pengunjung TMR Manfaatkan Layanan Kesehatan PMI Jakarta Selatan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4865 personTiyo Surya Sakti
  4. 1.033 Pemudik Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4529 personNurito
  5. Wisatawan dan Warga di Kepulauan Seribu Dihibur Musik Kreatif Ruang Publik

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4320 personAnita Karyati