You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
271 Peserta Ikuti Kampanye HPSN di Sunter Jaya
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

271 Peserta Ikut Kampanye Pilah Sampah di Sunter Jaya

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara bersama Organisasi Non-Pemerintahan 'Save The Children', Minggu (25/2), menggelar kampanye Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024  di Halaman Kantor Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan diikuti 271 peserta.

Sosialisasi pilah sampah secara door to door

Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Edy Mulyanto mengatakan 271 peserta yang ikut kegiatan ini  terdiri dari perwakilan warga RW 02 dan 04 Kelurahan Sunter Agung, warga RW 02 dan 05 Kelurahan Sunter Jaya, FKDM, LMK, serta perwakilan pelajar sekolah se-Jakarta Utara.

"Kampanye HPSN ini kita lakukan dengan aksi bersih-bersih dan pemilahan sampah plastik di empat RW, dilanjutkan sosialisasi pilah sampah secara door to door. Bahkan, kami menggelar booth edukasi pilah sampah di halaman kantor Kelurahan," beber Edy.

Warga RW 05 Warakas Diajarkan Bikin Eco Enzyme

Kampanye ini menurut Edy,  untuk menumbuhkan kesadaran terhadap kepedulian (pengelolaan) sampah plastik dan memotivasi masyarakat untuk lebih aktif menggunakan drop box pilah sampah yang telah disediakan di tiap wilayah.

Ia menilai, sampah plastik muncul karena tingginya minat produsen dan masyarakat atas kemasan yang mudah diproduksi, dibawa dan digunakan. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik adalah dengan metode 3R atau Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan ulang), dan Recycle (daur ulang).

"Diharapkan, warga yang belum mulai aksi ini untuk segera memulai pilah sampah dari rumahnya untuk mengurangi redusi sampah ke Bantargebang," ucapnya.

Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma, sangat mendukung kampanye HPSN di wilayahnya yang melibatkan generasi  millenial. Karena, melalui generasi muda saat ini informasi tentang pilah sampah dan aksi lainnya akan cepat tersampaikan ke masyarakat umum melalui media sosial.

"Pilah plastik dapat  menumbuhkan kehidupan yang lebih baik. Jadi mari kita saling membantu dalam mensukseskan seluruh program positif ini," harapnya.

Salah satu pelajar SMKN 18 Jakarta, Nikita Raiya Elsa (16) mengaku, telah terbiasa melakukan aktivitas pilah sampah di sekolah dengan memasukan sampah plastik ke dalam drop box yang telah disediakan. Lalu, untuk sampah organik dimasukan ke dalam lubang biopori.

"Kegiatannya sangat seru dan bagus, selain aksi bersih-bersih di sini juga ada booth edukasi yang mengajarkan kita cara mengelola sampah yang baik dan bernilai jual," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1523 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1475 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1441 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1429 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1408 personAldi Geri Lumban Tobing