You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Tanggul Pantai Masuk Prioritas Musrenbang Tingkat Kota Jakarta Utara
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pembangunan NCICD Masuk Usulan Prioritas Musrenbang Jakarta Utara

Percepatan penyelesaian pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tahun 2025 menjadi salah satu usulan prioritas yang dibahas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Jakarta Utara.

Diperlukan dukungan bersama

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, wilayah pesisir Jakarta Utara masih terus dibayangi potensi banjir rob. Untuk itu, itu harus ada pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall sebagaimana sudah dirancang sejak tahun 1993.

"Sudah menjadi komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan tanggul pantai ini, kita tahu biayanya ini cukup besar. Diperlukan dukungan bersama agar proyek ini dapat berjalan lancar dan cepat," ujar Heru, saat membuka pelaksanaan Musrenbang di Ruang Bahari, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (21/3).

Pj Gubernur Heru Tekankan Urban Tourism dan Sentra Ekonomi Kreatif dalam Musrenbang Jakarta Selatan 2024

Ia menambahkan, dalam mewujudkan Jakarta Kota Global, lanjut Heru, wilayah Jakarta Utara harus dapat mengembangkan kawasan bersejarah. Pasalnya, sejarah Jakarta juga berawal dari pesisir utara sehingga ini wajib diapresiasi dan diperhatikan.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menuturkan, Musrenbang hari ini merupakan rangkain kegiatan yang dimulai dari Pra Musrenbang Kelurahan pada Minggu I hingga Minggu III Januari 2024 yang menghasilkan sebanyak 1.893 usulan. Aspirasi tersebut selanjutnya dibahas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan hingga menghasilkan 1.188 usulan.

"Dari jumlah itu, yang diakomodir dapat dikerjakan di tahun berjalan 2024 sebanyak 50 usulan, 919 usulan diakomodir pada Rencana Kerja 2025 dan dua aspirasi akan direalisasikan pada Rencana Kerja 2026. Sementara,sisanya belum dapat diakomodir dan memerlukan penyesuaian kebutuhan OPD terkait," terangnya.

Ali memaparkan, terdapat empat usulan pembangunan prioritas yang merupakan aspirasi masyarakat yaitu, pembangunan tanggul pengaman pantai (NCICD), pembangunan turap Kali Cakung Lama, perbaikan jalan di sepanjang jalan akses Marunda, perluasan Puskesmas Kecamatan.

"Mudah-mudahan ini bisa diakomodir dan berjalan dengan lancar. Pembangunan ini untuk kepentingan warga Jakarta Utara, tentu hasilnya untuk dirasakan bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Legislator DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto (Tina Toon) sangat mendukung direalisasikannya usulan-usulan prioritas yang memberikan kemanfaatan luas bagi masyarakat.

"Saya mendukung kebutuhan prioritas pembangunan, terutama NCICD bisa direalisasikan," bebernya.

Ia juga mengapresiasi respons cepat upaya penanganan banjir yang dilakukan Wali Kota Jakarta Utara bersama jajaran dan berharap upaya preventif bisa terus dioptimalkan.

"Banjir kemarin cukup ekstrem, namun dengan gerak cepat petugas banjir ini bisa ditangani. Pompa besar yang di Ancol juga sangat membantu untuk menampung kiriman banjir," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5563 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2862 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2631 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2573 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2511 personNurito