You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya TIK di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

Indonesia berhasil menempatkan 12 karya/inisiatif sebagai nominator pemenang pada ajang penghargaan bergengsi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dihelat oleh International Telecommunication Union (ITU) PBB, World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2024.

Kementerian Kominfo memberikan apreasi yang tinggi kepada para nominator WSIS Prizes 2024

Ke-12 karya/inisiatif ini bersanding dengan total 360 nominator dari seluruh dunia yang terbagi atas 18 kategori. 360 nominator tersebut merupakan saringan awal tim pakar PBB terhadap lebih dari 1.000 pendaftar.

Karya/inisiatif tersebut harus melalui mekanisme pemungutan suara (voting) yang melibatkan partisipasi masyarakat luas untuk memastikan ada keterwakilan dari Indonesia menjadi pemenang pada ajang tersebut. Vote dilakukan hingga 31 Maret 2024.

Dukung Jalahoaks di Penghargaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkat Dunia, Begini Caranya

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nezar Patria mengatakan, dari hasil voting tersebut, ITU PBB akan menentukan lima karya/inisiatif yang memperoleh suara tertinggi per kategori untuk diperdalam seleksinya kembali guna mendapatkan satu Winner dan empat Champion per kategori.

"Kementerian Kominfo memberikan apreasi yang tinggi kepada para nominator WSIS Prizes 2024, yang datang dari berbagai pengampu kepentingan bidang TIK dan juga berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia," ungkap Nezar ketika melakukan jumpa pers di kantornya, Jumat (22/3).

Nezar mengajak netizen untuk melakukan vote memilih Indonesia. Petunjuknya dapat dilihat di https://s.id/panduanwsis2024.

“Netizen Indonesia, tunjukkan kepada dunia bahwa kita punya sumber daya bidang digital yang unggul dan mampu bersaing dengan negara manapun. Untuk itu, mari gunakan jari kita untuk melakukan vote, pilih Merah-Putih!" kata Nezar.

Jakarta Lawan Hoaks (Jalahoaks) yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta terpilih menjadi nominator pemenang World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2024. Jakarta terpilih dalam nominasi kategori 16 AL C9. Media.

Maka itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam pemungutan suara (voting) yang akan berlangsung hingga 31 Maret 2024 ini.

Ketua Sub Kelompok Pelayanan Informasi Publik Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Harry Sanjaya mengatakan, Jakarta masuk ke dalam nominasi melalui kegiatan Jalahoaks yang dipelopori sejak merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia dalam menangkal informasi hoaks yang beredar di masyarakat.

Harry menyampaikan, Jalahoaks merupakan lembaga periksa fakta pemerintah daerah yang berupaya memerangi potensi disinformasi yang menyebar secara sporadis di seluruh media.

Penghargaan WSIS Prizes menggunakan metode vote sehingga partisipasi masyarakat sangat diharapkan sebagai bentuk dukungan atas inovasi kanal Jalahoaks.

“Jalahoaks merupakan kanal informasi yang dapat diandalkan warga sebagai media pengecekan fakta dan edukasi literasi digital bagi masyarakat Jakarta. Ini pertama kalinya Jalahoaks ikut event WSIS Prizes. Tentunya dengan pelibatan publik dalam vote, Jalahoaks optimistis bisa menang dan semoga bisa sesuai dengan yang diharapkan,” kata Harry.

Berikut cara untuk berpartisipasi:

1. Klik tautan berikut https://bit.ly/vote-jakarta. Anda akan diarahkan ke laman log in. Untuk pengguna baru, klik Register as a new user;

2. Isi semua data yang diminta, kemudian klik “Register";

3. Jika semua data benar, Anda akan dikirimkan email verifikasi. Buka email untuk mengkonfirmasi pendaftaran dengan klik “Confirm Registration” di email;

4. Setelah itu kembali log in dengan email dan password yang sudah dibuat;

5. Klik "VOTE" untuk mulai memilih;

6. Klik "Voting Form" dan pilih satu project untuk setiap kategori;

7. Pilih Jakarta Lawan Hoaks pada Category 16 AL C9. Media; dan

8. Pilih Jakarta Lawan Hoaks dan Klik "Vote For This Project."

Sebagai informasi, the WSIS yang merupakan kependekan dari the World Summit on the Information Society merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tahunan Forum Masyarakat Informasi dan TIK Dunia yang setiap tahun dilaksanakan di Jenewa, Swiss.

Berbarengan dengan pelaksanaan KTT WSIS tersebut, sejumlah karya/inisiatif unggulan dari berbagai penjuru dunia mendapatkan penghargaan yang tinggi dari PBB, setelah melalui proses nominasi dan seleksi yang ketat.

Penghargaan ini bertujuan untuk terus memicu dan memacu penggunakan TIK sebagai pilar pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye8827 personNurito
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Berawan Hingga Diguyur Hujan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye5266 personAnita Karyati
  3. Pengunjung TMR Manfaatkan Layanan Kesehatan PMI Jakarta Selatan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4889 personTiyo Surya Sakti
  4. 1.033 Pemudik Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4553 personNurito
  5. Wisatawan dan Warga di Kepulauan Seribu Dihibur Musik Kreatif Ruang Publik

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4344 personAnita Karyati