You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Food Station Jalin Kemitraan Jaga Ketersediaan Pasokan Beras
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Food Station Jalin Kemitraan Jaga Ketersediaan Pasokan Beras

PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) melakukan panen bersama hasil budi daya padi di Desa Mekarjaya Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Selasa (26/3) kemarin.

Food Station memberikan pendampingan mulai dari penanaman sampai dengan kegiatan pascapanen

Panen bersama ini merupakan wujud sinergisitas antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu yang ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama bisnis oleh Food Station dengan CV Re Agro Lestari.

Re Agro berperan menyiapkan lahan dan kelompok tani binaan sedangkan Food Station akan melakukan pendampingan dan penyediaan saprotan. Selain itu, guna meningkatkan efektivitas hasil pertanian dalam kegiatan budi daya ini menerapkan SOP dan menggunakan pupuk hayati.

Pj Gubernur Heru Apresiasi 50 Mitra Lintas Sektor Dukung Program Sembako Murah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo mengatakan, kerja sama ini telah berlangsung sejak tahun 2022 dan pada tahun ini total luasan lahan yang dibudidayakan seluas 606 hektare.

“Budi daya seluas ratusan hektare ini dengan varietas DNA/ Bawor yang memiliki karaktertistik biji panjang aromatik mirip dengan varietas jasmine dari Thailand,” ujar Pamrihadi, Rabu (27/3).

Ia menyampaikan, selain bertujuan menjaga pasokan dan stabilisasi harga beras khususnya di DKI Jakarta, kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Food Station memberikan pendampingan mulai dari penanaman sampai dengan kegiatan pascapanen sehingga dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian,” katanya.

Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengapresiasi kegiatan panen bersama yang merupakan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, kegiatan panen bersama ini dilakukan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya untuk menjaga inflasi pangan daerah.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan sebagai upaya menjaga inflasi pangan atau volatile food sekaligus menjaga kestabilan ekonomi juga sosial. Jangan lupa karena inflasi pangan yang tinggi akan menyebabkan gejolak sosial di masyarakat,” kata Arlyana.

Ia mengatakan, keterbatasan lahan di Jakarta juga memicu Pemprov DKI Jakarta aktif menjalankan kerja sama dengan daerah lain yang merupakan sentra produksi. Harapannya, kerja sama tersebut saling menguntungkan.

Arlyana menjelaskan, keuntungan Jakarta melalui kerja sama dengan Indramayu ini yakni mendapatkan pasokan beras, sementara bagi Indramayu adalah meningkatkan kesejahteraan petaninya.

Ia menyampaikan, posisi Jakarta berdampingan dengan Bodetabek membuat pasokan pangan untuk Jakarta seringkali menjadi sumber untuk masyarakat yang ada di daerah lain di sekitarnya.

Ia mengatakan, Kantor Perwakilan BI DKI selalu mendukung kerja sama antardearah yang terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Harapannya kerja sama yang dilakukan tidak hanya di beras tetapi untuk komoditi pangan lainnya yang kita tahu menjadi kebutuhan pokok masyarakat,” kata Arlyana.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto menyampaikan, terdapat 2.604 kelompok tani di Kabupaten Indramayu.

Pada tahun 2022, Indramayu menghasilkan beras sebanyak 1,5 juta ton dan pada tahun 2023 dengan kondisi cuaca kemarau panjang bisa menghasilkan beras sebanyak 1,4 juta ton.

“Kami menyambut baik kerja sama ini karena memberikan manfaat bagi Petani di Kabupaten Indramayu dan Pemprov DKI Jakarta,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1810 personNurito
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1809 personNurito
  3. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1802 personAnita Karyati
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1778 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1730 personAnita Karyati