You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Gulkarmat DKI Kirim Bantuan Pemadaman Kebakaran di Gudang Peluru Ciangsana
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dinas Gulkarmat DKI Bantu Pemadaman Kebakaran Gudang Peluru Ciangsana


Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta ikut membantu proses pemadaman kebakaran yang terjadi di Gudang Peluru Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Unit robotik digerakkan oleh operator mengunakan remote control dari jarak sekitar 500 meter

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, pihaknya mengirimkan sebanyak 75 personel dan 15 armada pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran Gudang Peluru Ciangsana, Sabtu (30/3) malam.

Kelurahan Kramat Kini Punya Rumah Hidran Mandiri

"Adapun dua dari 15 armada yang dikirimkan merupakan unit robotik berjenis DOK-ING dan LUF 60 untuk membantu di lokasi kebakaran," ujar Satriadi Gunawan, Senin (1/4).

Ia mengungkapkan, pihaknya melakukan upaya antisipasi denyan melakukan pendinginan di beberapa gudang yang tidak terdampak kebakaran agar tidak merambat ke bangunan lainnya.

"Sementara gudang yang terdampak, kami fokus menggunakan dua unit robotik,” tuturnya.

Satriadi menjelaskan, penggunaan dua unit robotik difungsikan untuk meminimalisir risiko terhadap personel yang bertugas.

“Unit robotik digerakkan oleh operator mengunakan remote control dari jarak sekitar 500 meter dan sudah terlindung dengan tanggul.  Jadi unit robot itulah yang  bekerja memadamkan, karena ini masuk ke gudang peluru yang memang SOP-nya dibutuhkan penanganan khusus,” jelasnya.

Pada unit robotik tersebut, lanjut Satriadi, terdapat thermal yang berfungsi untuk membaca lokasi yang masih memiliki titik api atau tidak.

“Nanti kalau lokasinya sudah aman, baru personel dapat masuk ke dalam untuk memastikkan. Setelah masuk ke TKP, baru nanti unit yang lain melakukan pendinginan di lokasi sekitarnya,” ucapnya.

Satriadi mengungkapkan, pelibatan armada dan personel Dinas Gulkarmat DKI Jakarta membantu proses pemadaman kebakaran di Gudang Peluru Ciangsana ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI karena melihat kondisi di lokasi berbeda dan khusus.

“Kebetulan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta memiliki unit robotik untuk penanganan khusus yang apabila orang tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran maka robot itu yang bekerja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, proses pemadaman di gudang Peluru Ciangsana menggunakan teknik spray atau tidak menggunakan air secara langsung, sehingga air menjadi butiran kecil halus. Lalu, menggunakan cairan berupa foam khusus, bukan cairan biasa dalam proses pemadaman.

Sementara proses pendinginan berlangsung pada Minggu (31/3) sekitar pukul 02.41 WIB.

“Pada pukul 08.49 WIB, operasi pemadaman dinyatakan selesai. Setelah kejadian kebakaran ini, petugas dari Damkar Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi masih terus berjaga di sekitar lokasi untuk memantau situasi terkini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing