You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispusip dan Perpusnas Lakukan Penilaian Tiga Perpustakaan RPTRA
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dispusip dan Perpusnas Lakukan Penilaian Tiga Perpustakaan RPTRA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah melakukan penilaian akreditasi perpustakaan pada tiga perpustakaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Keunikan Provinsi DKI Jakarta adalah adanya format ruang publik seperti RPTRA ini

Ketiganya yakni, RPTRA Citra Bangsa di Penggilingan, Jakarta Timur, serta RPTRA Mahkota dan RPTRA Joglo di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Perpustakaan RPTRA merupakan bagian dari jenis perpustakaan desa/kelurahan dan memiliki standar penilaian akreditasinya yang telah ditetapkan oleh Perpusnas RI melalui Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 296 Tahun 2022 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Desa/Kelurahan.

Puluhan Warga Akses Layanan Perpustakaan Petojo Enclek

Dalam Surat Keputusan tersebut, terukur kualitas suatu perpustakaan kelurahan dari berbagai aspek di antaranya, kekayaan koleksi, kelengkapan sarana dan prasarana, kreativitas dan inovasi, hingga mengukur dampak akan keberadaan perpustakaan tersebut bagi masyarakat di sekitarnya.

Asesor penilai dari Perpusnas RI, Renda Khris Ardhi Artha mengatakan, adanya perpustakaan pada masing-masing RPTRA di Jakarta memberikan dampak pengembangan literasi yang kuat bagi masyarakatnya.

“Keunikan Provinsi DKI Jakarta adalah adanya format ruang publik seperti RPTRA ini. Dengan demikian, jangkauan masyarakat terhadap bahan bacaan serta aktivitas literasi menjadi lebih mudah,” ujar Renda, Rabu (17/4).

Ketua Subkelompok Pembinaan Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Khusus Kedinasan (PPUPTK) Dispusip DKI Jakarta, Arif Fadillah menyampaikan, dalam penilaian akreditasi ini Dispusip DKI Jakarta berperan sebagai pembina yang bertugas memberi masukan konstruktif, penggalian potensi perpustakaan dan melakukan simulasi penilaian akreditasi. Melalui pembinaan intensif tersebut ketiga RPTRA ini berhasil meraih akreditasi predikat ‘B’ atau Baik.

Ia memberikan apresiasi kepada pengelola RPTRA yang dalam pemenuhan bukti dukung akreditasi berkoordinasi dengan Lurah sebagai pimpinan lembaga induk perpustakan dan Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra) sebagai kepala perpustakaan.

“Kami mengapresiasi kerja keras rekan-rekan RPTRA dalam mempersiapkan seluruh bukti dukung dan kami juga berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh unsur kelurahan hingga perpustakaannya bisa terakreditrasi hari ini,” kata Arif.

Sebagai informasi, Dispusip Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang gencar melakukan pembinaan perpustakaan, salah satunya melalui pembinaan Pra-Akreditasi bagi segala jenis perpustakaan, seperti Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi maupun Perpustakaan Khusus yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5198 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4312 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2962 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2912 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2802 personFolmer