You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Diskominfotik, KI, Seminar, Keterbukaan Informasi Publik
....
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Diskominfotik dan KI Gelar Seminar Keterbukaan Informasi Publik

Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) bersama Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta, menggelar seminar keterbukaan informasi publik  2024 di Prof Dr Djajusman Auditorium dan Performance Hall, LSPR Sudirman Park Campus, Senin (29/4).

Komitmen nyata Pemprov DKI melaksanakan pemerintahan yang terbuka

Kegiatan yang diikuti 100 mahasiswa LSPR Institute ini mengangkat tema Inovasi Teknologi dan Akses Informasi Publik.

Ketua KI DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan secara jemput bola ke kampus ini merupakan wujud komitmen terhadap implementasi Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Diskominfotik Kota Palembang Studi Banding ke KI DKI

"Ini sebuah bentuk komitmen nyata Pemprov DKI  melaksanakan pemerintahan yang terbuka. Turun ke lapangan dan kegiatan dilaksanakan di kampus tempat agent of change," katanya.

Menurut Harry, langkah Pemprov DKI melalui Diskominfotik untuk menggandeng kalangan kampus dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik sudah sangat tepat. Sebab, ini merupakan salah satu upaya ke depan menghadapi perubahan status Jakarta menjadi Kota Global.

Diharapkan Harry, melalui kegiatan ini akan terbangun kesadaran publik untuk bisa merujuk ke akun media sosial badan publik yang kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Dia menambahkan, tantangan lain yang harus dihadapi Jakarta sebagai Kota Global adalah perkembangan teknologi artificial intelegen (AI)  yang bisa mengancam penyempitan penyerapan tenaga kerja, bila tidak dikelola dengan baik.

"Karena itu, pemahaman untuk memanfaatkan AI secara tepat guna juga menjadi tantangan ke depan. Ketika kita mampu memanfaatkan teknologi ini dengan baik, justru lebih banyak benefit yang diperoleh," bebernya.

Penilaian serupa diutarakan Direktur Departemen Kemahasiswaan LSPR Institute, Patricia Vicky Sihombing. Dia menyatakan, kegiatan ini sangat baik untuk mendekatkan diri pemerintah dengan mahasiswa.

"Saya harap pemerintah lebih banyak membuka ruang diskusi seperti ini. Agar ke depan mahasiswa bisa berperan membantu menjadi agen yang aktif mempublikasi program pemerintah," tandasnya.

Selain diskusi, dalam kegiatan ini juga mahasiswa  diperkenalkan tentang aplikasi Jakarta Smart City (JSC) dan portal media Beritajakarta. Mereka disosialisasikan beragam fitur serta program aplikasi serta media berita resmi Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1125 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1049 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1018 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye850 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye816 personTiyo Surya Sakti