You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pemkot Jaktim Deklarasikan STBM
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

Bertempat di RPTRA Duren Sawit Bersatu, jajaran pengurus RW dari Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu. Jumat (3/5), mendeklarasikan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Deklarasi disaksikan Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

Deklarasi ini jangan hanya seremoni tapi harus dimonitor terus. 

Anwar mengatakan, deklarasi ini merupakan wujud nyata kebersamaan dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sehingga dapat mencegah dari penyakit lingkungan.

Menurut Anwar, dua kelurahan ini merupakan wilayah ke 18 dan 19 yang telah mendeklarasikan stop bang air besar sembarangan ke kali di wilayahnya.

Kelurahan Ujung Menteng Targetkan Bangun 299 Unit Tangki Septik

"Deklarasi ini jangan hanya seremoni tapi harus dimonitor terus. Karena merubah mindset lebih sulit daripada membangun sarana prasarana," ucap Anwar.

Masyarakat, menurut Anwar, harus terus diedukasi tentang bahayanya bakteri ecoli dari kotoran manusia yang dapat memicu timbulnya banyak penyakit  

Dia meminta meminta pada para camat dan lurah untuk menciptakan Jakarta Timur sebagai kota sehat. Minimal, tegas Anwar, dua RW dalam satu kelurahan bebas buang air besar ke kali.

Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Herwin Meifendy menambahkan, kelurahan yang belum deklarasi STBM akan terus dilakukan pendekatan dan edukasi agar warganya masyarakatnya tidak lagi membuang air besar sembarangan ke kali. 

"Kita akan terus mengedukasi masyarakat, agar tidak melakukan buang air besar sembarangan," ujar Herwin.

Ditegaskan Herwin, pihakya akan memberikan masukan pada sektoral seperti kelurahan, kecamatan, Sudin Sumber Daya Air  (SDA), Sudin Lingkungan Hidup untuk bersama-sama membuat jamban sehat.

"Perlu dilakukan pembuatan MCK komunal bersama-sama," tukasnya.

Disebutkan, dari 19 kelurahan yang telah mendeklarasikan sebagai wilayah Open Defecation Free (ODF) atau daerah bebas buang air besar sembarangan masing-masing Kelurahan Pondok Ranggon, Halim Perdanakusuma, Cipayung, Malaka Jaya, Cilangkap, Ceger, Munjul.

Kemudian kelurahan Jati, Susukan, Pondok Kopi, Bambu Apus, Pulogadung, Jatinegara Kaum. Selain itu Kelurahan Rawamangun, Cibubur, Lubang Buaya, Setu, Duren Sawit dan Pondok Bambu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2679 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2489 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2360 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2359 personTiyo Surya Sakti
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2231 personTP Moan Simanjuntak