You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
100 Personil Gabungan Ikut Pelatihan Vertical Rescue di Kantor Wali Kota Jaktim
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

100 Personel Gabungan Ikut Pelatihan Vertical Rescue di Kantor Wali Kota Jaktim

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah menghadiri kegiatan gladi dan kolaborasi pelatihan gabungan penanggulangan bencana, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (3/5/).

setelah ini akan kami lanjutkan di seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta

Sebanyak 100 personel petugas gabungan melaksanakan gladi dan kolaborasi pelatihan gabungan penanggulangan bencana dalam kegiatan tersebut.

Petugas gabungan tersebut terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta dan Kota Administrasi Jakarta Timur, Satpol PP, PMI Jakarta Timur, Brimob Polda, United Tractor, Pramuka Jakarta Timur dan Pamdal Kantor Wali Kota Jakarta Timur serta Kowara.

BPBD-Tim SAR Gabungan Evakuasi Tiga Jenazah di Dua Lokasi

Materi yang diberikan yakni vertical rescue dan water rescue. Dalam pelatihan tersebut disimulasikan evakuasi saat terjadi kebakaran dan banjir, serta pengamanan evakuasi warga di pemukiman padat penduduk menggunakan tali.

Ketua Sub Kelompok Urusan Pengendalian dan Operasi BPBD DKI Jakarta, Muhammad Thoufiq Hidayatuloh mengapresiasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan memakai Gedung Blok A sebagai pelatihan simulasi teknik pertolongan pada ketinggian.

Ia menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antar pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas para personil di lapangan saat terjadi atau menghadapi kebencanaan.

“Pelatihan dan simulasi gabungan vertical rescue ini diberikan untuk jajaran petugas gabungan di Jakarta Timur dan selanjutnya setelah ini akan kami lanjutkan di seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta,” kata Thoufiq.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Iin Mutmainnah menjelaskan, proses evakuasi butuh keahlian dan kemampuan yang memang harus terus dibekali pelatihan serta simulasi sehingga memperkuat serta memastikan seluruh petugas gabungan sigap dan tanggap jika terjadi bencana siap dalam penanggulangan bencana di Jakarta Timur.

“Pelatihan ini sangat menentukan keberhasilan dalam hal evakuasi warga di saat bencana, ketika seseorang melatih serta menguatkan kembali ilmu pengetahuan yang dia miliki tentu ini sangat baik dan bermanfaat. Saya kira kegiatan ini bisa terus rutin dilaksanakan untuk mengukur kesiapan seluruh petugas gabungan ini jika membantu warga dalam hal evakuasi bencana," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1814 personNurito
  2. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1811 personAnita Karyati
  3. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1810 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1780 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1733 personAnita Karyati