You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelatihan Selam Sudin KPKP Kepulauan Seribu Diapresiasi Warga
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Selam Gratis di Kepulauan Seribu Diapresiasi Warga

Sebanyak 20 warga Kepulauan Seribu mengikuti pelatihan selam yang diselenggarakan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu di perairan Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

R utin diadakan setiap tahun

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari mengatakan, pelatihan selam tersebut digelar selama empat hari, mulai 14-17 Mei 2024.

"Pelatihan ini rutin diadakan setiap tahun. Tujuannya, meningkatkan skill warga Kepulauan Seribu untuk menjadi calon pemandu wisata profesional dan pelaku konservasi dengan kemampuan menyelam bawah laut," ujarnya, Kamis (16/5)

20 Warga Kepulauan Seribu Dilatih Selam Open Water

Rita menjelaskan, peserta gelombang pertama ini mendapatkan pelatihan dasar berupa pengenalan teori teknik penyelaman dan dilanjutkan praktik menyelam di perairan Pulau Pramuka. Apabila peserta lulus tes kompetensi maka akan mendapatkan sertifikasi Basic Diving.

"InsyaAllah jika tidak ada kendala Juli mendatang kita akan adakan pelatihan lanjutan untuk sertifikasi A1 (Open Water Scuba Diving). Pelatihan lanjutan ini untuk peserta awal tahun ini maupun peserta tahun lalu yang belum mendapatkan pelatihan lanjutan," ungkapnya.

Menurutnya, aktivitas menyelam membutuhkan skill yang memadai dan lisensi atau izin selam. Diharapkan, setelah mendapatkan pelatihan ini para peserta dapat meningkatkan perekonomian, salah satunya menjadi pemandu wisata atau penyelam profesional.

"Mudah-mudah dengan banyaknya penyelam, perairan Kepulauan Seribu dapat semakin terjaga. Terutama, ekologi terumbu karang yang berfungsi sebagai kehidupan biota pesisir dan lautan," bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, warga Pulau Harapan, Ahmad Ibnu (25) mengapresiasi dan merasa senang dapat mengikuti pelatihan menyelam gratis yang diadakan Sudin KPKP Kepulauan Seribu.

"Melalui pelatihan ini saya dapat meningkatkan kemampuan renang dan menyelam hingga dasar laut. Semoga pelatihan ini dapat berkelanjutan agar pemuda di Kepulauan Seribu mempunyai keahlian menyelam dan mudah mencari pekerjaan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1116 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye915 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye845 personAldi Geri Lumban Tobing