You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispusip, Luncurkan, Buku, Pemenang, Lomba Hanjaba 2023
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Dispusip Luncurkan 21 Judul Buku Pemenang Lomba Hanjaba 2023

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan penerbit Hikam Media Utama menerbitkan 21 judul buku dari pemenang lomba menulis Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) tahun 2023. Perilisan buku-buku ini mengundang seluruh sekolah yang siswa-siswinya terpilih menjadi pemenang lomba.

untuk memperkuat keterampilan literasi dasar anak

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, perkembangan literasi khususnya di kalangan generasi muda merupakan kunci dari Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Ia menyampaikan, perkembangan teknologi yang terus berkembang dan hadir secara nyata di seluruh lapisan masyarakat menjadikan perkembangan literasi sebagai suatu hal yang memiliki dampak tidak hanya baik, bahkan bisa menjadi buruk jika tidak disertai dengan pengawasan yang memadai.

Ini Pemenang Lomba Hanjaba Dispusip DKI 2023

“Pelibatan anak-anak untuk menuangkan ide dan imajinasi mereka khususnya pada lomba menulis diharapkan bukan hanya menjadi wadah tapi juga sebagai faktor untuk memperkuat keterampilan literasi dasar anak,” ujar Firmansyah, di Auditorium Lantai 4 Gedung A Dispusip DKI Jakarta, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (21/5).

Ia menjelaskan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta menyadari Pembudayaan Kegemaran Membaca yang baik dan benar di tengah masyarakat dimulai dari anak-anak terutama yang masih dalam usia sekolah.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk membina kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung usaha pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca yang optimal.

“Perlunya usaha yang lebih giat untuk memupuk antusiasme anak-anak, orang tua dan tenaga pendidik juga menjadi catatan penting tersendiri untuk ikut serta dalam membudayakan Kegemaran Membaca sedini mungkin,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan lomba menulis Hanjaba tahun 2023 mengusung tema ‘Dari Baca Jadi Karya Untuk Jakarta’ mendapatkan apresiasi yang cukup positif dari generasi muda terkhusus anak-anak pada usia sekolah.

Lomba menulis sendiri terdiri dalam tiga kategori berdasarkan tingkatan sekolah yaitu kelompok SD/MI, Kelompok SMP/MTs dan Kelompok SMA/SMK/MA.

Pada kegiatan Hanjaba tahun lalu, karya tulis dari para pemenang akan diterbitkan dalam bentuk buku sebagai bentuk apresiasi untuk memicu semangat anak-anak lainnya agar tertarik dalam dunia menulis.

Total awal pemenang lomba menulis dari ketiga tingkatan kategori adalah 45 tim dan setelah dikonfirmasi terkumpul 39 tim pemenang yang karyanya bersedia untuk diterbitkan.

“Besar harapan dari adanya perilisan buku hasil karya anak-anak pada lomba ini agar penerapan Budaya Gemar Membaca yang dituangkan dalam karya tulis akan terus berkembang dan membudaya dalam melestarikan literasi serta kreativitas anak bangsa,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye977 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing