You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jakreatifest Kembali Digelar, Bawa Tiga Program Unggulan
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Jakreatifest Kembali Digelar, Hadirkan Tiga Program Unggulan

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra advisory Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest).

Rangkaian acara semakin meriah dengan pertunjukkan live music

Tahun ini, Jakreatifest akan digelar di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 6 sampai 9 Juni 2024.

Pada tahun keempat pelaksanaannya Jakreatifest 2024 mengusung tema ‘Inovasi Jakarta Menuju Kota Global’. Terdapat tiga program unggulan Jakreatifest tahun 2024, yaitu, Peningkatan Kapasitas Pemasaran dan Pembiayaan, Digitalisasi Sistem Pembayaran dan Dukungan Stabilitas Harga Pangan.

Ekonomi Jakarta Diprediksi Meningkat Tahun Ini

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, Jakarta memasuki babak baru usai melepas status sebagai Ibu Kota Negara, yakni legitimasi posisi sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

Ia menyampaikan, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta memperkuat sinergi antar stakeholders, terutama para pelaku ekonomi di wilayah DKI Jakarta secara progresif dalam mengakselerasi misi strategis tersebut.

“Selama ini, secara konsisten KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta telah berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekonomi di wilayah Jakarta antara lain, melalui penjagaan stabilitas nilai Rupiah, pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM, serta dorongan perluasan investasi dan digitalisasi. Salah satu wujud konkret dari upaya tersebut dapat dijumpai pada Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) tahun 2024,” ujar Arlyana, Selasa (21/5).

Arlyana memaparkan, acara utama (main event) Jakreatifest 2024 akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang terdiri dari showcase, booth layanan hingga talkshow. Showcase atau pameran terdiri dari produk UMKM Ekspor, Festival Kopi Nusantara hingga Festival Produk Bahan Pangan Olahan.

Selain itu, terdapat sejumlah booth edukasi, layanan dan informasi yang mencakup layanan sertifikasi halal, penukaran uang, hingga Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Arylana menjelaskan, untuk meningkatkan literasi audiens, terdapat penyelenggaraan talkshow yang meliputi topik digitalisasi pembayaran, halal lifestyle, perlindungan konsumen dan keuangan inklusif, UMKM ekspor dan ekonomi syariah, serta produk pangan olahan.

“Rangkaian acara semakin meriah dengan pertunjukkan live music oleh sederet artis ibu kota dan terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya,” ucapnya.

Arlyana mengatakan, dalam rangkaian main event Jakreatifest 2024 KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta juga memfasilitasi penyelenggaraan dua Business Matching antara pelaku UMKM yaitu dengan lembaga jasa keuangan dan potential buyer. Business matching pertama bertujuan untuk mendorong akses pembiayaan UMKM melalui link and match dengan lembaga keuangan.

Business matching kedua bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara UMKM dengan potential buyer demi memperluas akses pasar UMKM dan eskalasi transaksi penjualan UMKM,” urainya.

Arlyana menambahkan, target outcome nominal business matching dan transaksi penjualan UMKM pada Jakreatifestival tahun 2024 sebesar 9,25 miliar rupiah, naik sebesar 8,8 persen dari tahun 2023 sebesar 8,5 miliar rupiah.

“Melalui kehadiran Jakreatifest, diharapkan akan terbangun dukungan yang lebih solid untuk eskalasi peran UMKM dan Pariwisata dalam menggerakkan roda perekonomian, terpacunya pembentukan ekosistem produk/jasa sistem pembayaran berbasis digital, terakselerasinya pertumbuhan ekonomi serta terjaganya stabilitas harga di wilayah Jakarta,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1754 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1643 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1081 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye957 personFolmer
  5. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye850 personTiyo Surya Sakti