You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PLTS di SMKN 54 Resmi Dioperasionalkan
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

PLTS di SMKN 54 Resmi Dioperasionalkan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan pengoperasionalan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung SMKN 54, Jalan Bendungan Jago, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Menandai komitmen bersama dalam mendukung energi terbarukan. 

Dalam kegiatan juga dilakukan penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) bantuan perangkat PLTS dari PT Paiton Energy kepada Pemprov DKI Jakarta. Penandatangan BAST dilakukan Dinas Pendidikan dan Biro Kepala Daerah DKI Jakarta serta Kepala SMKN 54 Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo menyatakan,  pengembangan PLTS di sekolah ini merupakan wujud nyata dari komitmen mendukung energi terbarukan dan mengurasi emisi karbon.

Dinas Nakertransgi Gelar FGD Pengelolaan Energi Jakarta

"Ini sebuah momen bersejarah, menandai komitmen bersama dalam mendukung energi terbarukan. Dan tentunya juga pendidikan yang berkelanjutan," katanya.

Dilanjutkan Purwo, pihaknya sangat mengapresiasi pengaplikasian PLTS di sekolah sebagai upaya mitigasi perubahan iklim dengan cara meminimalisir penggunaan energi hasil tambang.

Purwo mengaku telah berkomunikasi dengan PT Paiton Energy untuk mengaplikasikan panel surya serupa ke sekolah lain di DKI Jakarta. Rencananya, akan ada 10 sekolah lain yang mengaplikasikann PLTS di atap gedung mereka.

"Kami berharap, kolaborasi terjalin berkelanjutan dan membuka peluang lebih besar pada dunia pendidikan. Terimakasih pada PT Paiton Energy dan semua pihak yang mendukung," tegasnya.

Head of Eksternal Relation PT Paiton Energy, Bambang Jiwantoro menjelaskan, sebanyak 20 panel yang dipasang ini secara teknis mampu menghasilkan listrik dengan daya sebesar 10 kilowat setiap harinya.

Pemanfaatan dari PLTS, diyakini Bambang, akan mengurangi beban operasional sekolah membayar tagihan bulanan penggunaan listrik. Selain itu, pemanfaatan PLTS ini juga akan berdampak mengurangi emisi karbon setara dengan 0,68 ton perbulan atau menanam satu pohon.

"Ke depan pengembangan energi kita menuju arah terbarukan. Karena itu, fasilitas ini juga menjadi sarana edukasi bagi siswa," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Peserta Didik SMPN 73 Antusias Ikuti Festival Budaya Nusantara

    access_time12-06-2024 remove_red_eye1294 personTiyo Surya Sakti
  2. Disdik Pastikan KJP Plus akan Cair pada Minggu Kedua Juni 2024

    access_time10-06-2024 remove_red_eye912 personFolmer
  3. HUT ke-497 Jakarta, DKI Hapus Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB

    access_time11-06-2024 remove_red_eye886 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk Ikutan Lomba Konten Video Urban Farming Meriahkan HUT Jakarta

    access_time12-06-2024 remove_red_eye855 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

    access_time11-06-2024 remove_red_eye637 personAnita Karyati