You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis Indeks Potensi Kerawanan Sosial (IPKS) 2013. Hasilny
Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis Indeks Potensi Kerawanan Sosial (IPKS) 2013. Hasilnya, ada 10 kelurahan yang memiliki tingkat potensi kerawanan sosial tinggi dari 267 kelurahan yang ada di Jakarta. Dari 10 kelurahan tersebut, Kelurah.
photo doc - Beritajakarta.id

Kampung Rawa, Kelurahan Paling Rawan Sosial di Jakpus

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis Indeks Potensi Kerawanan Sosial (IPKS) 2013. Hasilnya, ada 10 kelurahan yang memiliki tingkat potensi kerawanan sosial tinggi dari 267 kelurahan yang ada di Jakarta. Dari 10 kelurahan tersebut, Kelurahan Kampung Rawa di Jakarta Pusat merupakan kelurahan tertinggi potensi kerawanan sosialnya yaitu mencapai 44,78 persen.

Selain tingginya angka pengangguran, warga Kampung Rawa ini rata-rata berpenghasilan rendah. Mereka umumnya merupakan wirausaha kecil-kecilan

Mengacu data BPS DKI, jajaran Kelurahan Kampung Rawa langsung berbenah. Beragam terobosan disodorkan ke masyarakat yang rata-rata bepenghasilan minim. Untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat, pihak kelurahan pun gencar mengadakan macam-macam kursus, seperti memasak, komputer, ataupembuatan asesoris.

Sri Budiati, Sekretaris Kelurahan Kampung Rawa mengatakan, pangkal utama tingginya kerawanan sosial di wilayahnya adalah besarnya jumlah warga yang tidak mempunyai penghasilan atau menganggur. Jumlah pengangguran tercatat menembus angka 5 persen.

Warga Puas dengan Program Kampung Deret

"Selain tingginya angka pengangguran, warga Kampung Rawa ini rata-rata berpenghasilan rendah. Mereka umumnya merupakan wirausaha kecil-kecilan," kata Sri Budiati, Jumat (11/4). 

Sri menjelaskan, selain mengadakan bermacam-macam kursus agar masyarakat kreatif, pihak kelurahan juga menyediakan modal usaha bagi mereka yang membutuhkan. "Memang tidak besar modal yang kami bisa berikan, hanya sekitar Rp 200 ribu," ujarnya.

Dengan sejumlah terobosan itu, Sri berharap pada tahun ini, Kelurahan Kampung Rawa bisa meminimalisir , dengan program yang sedang berjalan di tahun 2014 ini, Kelurahan Kampung Rawa dapat meminimalisir angka kerawanan sosialnya.

Sekedar diketahui, BPS DKI tahun 2013 lalu melakukan penyusunan Indeks Potensi Kerawanan Sosial (IPKS) terhadap 267 kelurahan yang ada di DKI Jakarta. Hasilnya terdapat 10 kelurahan yang paling tinggi dan rendah tingkat kerawanan sosialnya.

Sepuluh kelurahan yang memiliki potensi kerawan sosial tinggi terdapat di wilayah Jakarta Pusat ada empat kelurahan yaitu Kampung Rawa, Galur, Tanah Tinggi dan Kartini. Lalu empat kelurahan di wilayah Kota Jakarta Utara, yakni Kali Baru, Penjaringan, Ancol dan Lagoa. Lalu Kelurahan Kampung Melayu di Jakarta Timur dan Kelurahan Manggarai di Jakarta Selatan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye976 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing