You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kesehatan 2.429 Hewan Kurban di Jakut Telah Diperiksa
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Jakut Periksa 2.429 Hewan Kurban

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, telah melakukan pemeriksaan terhadap 2.429 hewan kurban di 42 dari 117 tempat penampungan yang tersebar di enam kecamatan.

Sehat dan memenuhi persyaratan syariat

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, ribuan hewan kurban yang telah diperiksa tersebut terdiri dari Sapi, Kambing dan Domba.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang ada dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan syariat," ujarnya, Rabu (5/6).

25 Hewan Kurban di Kecamatan Pesanggrahan Dicek Kesehatannya

Ia merinci, hewan kurban yang telah diperiksa di Kecamatan Cilincing di 26 lokasi sebanyak 1.682 ekor; Koja di enam lokasi ada 242 ekor; Tanjung Priok berjumlah tiga lokasi sebanyak 132 ekor; Kelapa Gading dua lokasi ada 130 ekor; Pademangan dua lokasi sejumlah 77 ekor; dan di Kecamatan Penjaringan di tiga lokasi sebanyak 166 ekor.

Menurutnya, dalam pemeriksaan tersebut dilakukan pengecekan administrasi daerah asal hewan kurban. Kemudian, pemeriksaan kesehatan hewan kurban meliputi, kesehatan kuku, badan, mulut, lidah, dan lain sebagainya.

"Kita juga cek kebersihan dan kelayakan tempat penampungan. Hasil pemeriksaan semua hewan kurban hingga saat ini dalam kondisi baik dan sehat," terangnya.

Menurutnya, dalam pemeriksaan tersebut hanya didapati hewan kurban yang usianya masih di bawah umur. Sehingga,  langsung dipisahkan dan diberi tanda berupa silang agar tidak tercampur dengan hewan kurban lainnya.

"Hewan kurban ini harus sesuai aturan dan syariat Islam. Kita terus edukasi para penjual hewan kurban," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk tempat penampungan hewan kurban yang telah diperiksa oleh petugas dan seluruh kondisi hewan sehat akan duberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan ditempel stiker sebagai bukti telah diperiksa.

"Masyarakat yang ingin mencari atau membeli hewan kurban jadi terinformasi dan tidak merasa khawatir atau takut," ucapnya.

Ia memprediksi, tempat penampungan dan jumlah hewan kurban di Jakarta akan terus bertambah. Pasalnya, pada 2023 lalu untuk wilayah Jakarta Utara ada 157 lokasi penampungan dan penjualan hewan kurban mencapai 9.704 ekor, terdiri dari 3.450 ekor Sapi, 5.693 Kambing, dan 561 Domba.

"Hingga hari H nanti kami akan terus melakukan pemeriksaan dan sosialisasi pemotongan hingga pemilihan daging kurban. Tentu kami ingin prosesi ibadah kurban ini lebih bermakna bagi sesama serta daging yang diterima mustahik aman dan sehat konsumsi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2683 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2308 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2173 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1921 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1262 personAnita Karyati