You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas KPKP DKI Periksa Kesehatan 39 Ribu Ekor Hewan Kurban
.
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Sudah Periksa 39 Ribu Hewan Kurban

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) telah melakukan pemeriksaan sekitar 39 ribu hewan kurban dari 534 tempat penampungan yang tersebar di lima wilayah kota.

sudah melakukan pemeriksaan di 534 tempat penampungan hewan kurban

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang berada di ratusan tempat penampungan.

"Sejak tanggal 1 Mei hingga 10 Juni 2024, Petugas di lima suku dinas sudah melakukan pemeriksaan di 534 tempat penampungan hewan kurban," ujar Suharini Eliawati, Selasa (11/6).

Dharma Jaya Pastikan Ketersediaan dan Kesehatan Hewan Kurban

Dari ratusan tempat penampungan hewan kurban tersebut, lanjut Eliawati, sekitar 39 ribu ekor hewan kurban telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Kami memastikan data ini terus bertambah mengingat selama lima tahun terakhir, Provinsi DKI Jakarta membutuhkan sekitar 61 ribu ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebagian besar dari puluhan ribu ekor hewan kurban yang masuk ke Jakarta berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung.

"Alhamdulilah, Penyakit Mulut Kuku (PMK) sudah selesai. Kami mewajibkan hewan kurban yang masuk ke Jakarta memiliki surat keterangan kesehatan dari daerah asal dan kami melakukan dobel cek," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya bersinergi dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia dan komunitas serta sejumlah perguruan tinggi seperti IPB dan Universitas Airlangga yang mengerahkan personel untuk melaksanakan penjangkauan saat berlangsung pemotongan hewan kurban di lima wilayah kota pada Hari Raya Iduladha 1445 H hingga hari ketiga.

"Kami juga mengimbau warga Jakarta agar membeli hewan kurban di tempat penampungan yang sudah memiliki stiker dari Dinas KPKP DKI Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. JakLingko Indonesia Raih Penghargaan DTKJ Awards 2024

    access_time21-09-2024 remove_red_eye1190 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1178 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye995 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye988 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Heru Serahkan Apresiasi Pemenang Lomba RT/RW Tertib Adminduk

    access_time21-09-2024 remove_red_eye955 personBudhi Firmansyah Surapati