You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Gelar Pameran Jakarta Tangguh
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Gelar Pameran Jakarta Tangguh

Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, menggelar Pameran Jakarta Tangguh di area parkir sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (15/6). Kegiatan dibuka Kepala  Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Aji

"Menunjukkan kesiapan sarana prasarana penanggulangan bencana"

Kegiatan yang mengusung tema "Aksi Bersama Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global Tangguh Bencana" ini memamerkan sarana pendukung penanganan bencana, mulai dari dapur umum, ambulans, kendaraan alat berat, mobil pemadam serta posko kesehatan dan sebagainya

Bukan cuma itu, dalam kegiatan ini juga diperlihatkan aksi lima personel gabungan BPBD dan Dinas Gulkarmat DKI,  menurunkan spanduk raksasa dari atas gedung pusat perbelanjaan tersebut Selain itu, ada aksi evakuasi korban tenggelam di Banjir Kanal Barat (BKB) dan atraksi menarik lainnya.

45 Personel Gulkarmat Berhasil Padamkan Kebakaran di Jalan Terogong Baru

Menurut Isnawa Aji, kegiatan ini hasil kolaborasi dengan lintas sektor seperti Dinas Sosial, Kesehatan, Gulkarmat, Diskominfotik, serta didukung stakeholder melalui program CSR.

"Ini bagian dari rangkaian perayaan peringatan HUT ke- 597 Kota Jakarta," kata Isnawa.

Kepala Dinas Sosial DKI, Premi Lasari menambahkan, pihaknya turut andil dalam pameran ini karena memiliki peranan penting dalam penanggulangan bencana, baik sebelum kejadian, saat kejadian maupun pascakejadian.

"Sebelum terjadi bencana, kitalakukan mitigasi risiko bersama BPBD. Kira-kira bencana apa saja yang terjadi. Kemudian saat terjadi bencana apa yang dilakukan dan pasca bencana juga kita masih banyak peranannya," papar Premi.

Dalam pameran ini, ungkap Premi, pihaknya menyiapkan dapur umum, dapur umum lapangan, mobil operasional untuk survei makanan, mobil rescue dan lainnya.

Selain itu juga menyiagakan SDM, mulai dari Petugas Sosial Kebencanaan (PSKB), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kampung  Siaga Bencana dan lainnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Muhammad Johan menjelaskan, kegiatan ini dilatar belakangi Jakarta sebagai Kota Global dengan masyarakat heterogen memiliki potensi berbagai ancaman bencana. Seperti banjir, gempa bumi dan bencana lainnya.

Karena itu,  perlu kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, sekaligus menciptakan ketangguhan kota secara bersama.

"Pameran ini untuk menunjukkan kesiapan sarana prasarana penanggulangan bencana. Selain itu ajang.edukasi dan literasi kebencanaan," ungkapnya.

Disebutkan Johan, pameran diikuti 500 peserta dan dihadiri sekitar 150 tamu undangan dari unsur TNI/Polri, kementerian, lembaga perangkat daerah, BPBD daerah penyangga dan BPBD undangan. Kemudian dunia usaha, akademisi kebencanaan dan media massa.

"Untuk simulasi penanggulangan bencana melibatkan 250 personel gabungan," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Anwar Resmikan Jembatan Penghubung RPTRA Rawa Binong

    access_time16-07-2024 remove_red_eye1358 personNurito
  2. Akhir Pekan Langit Jakarta Cerah

    access_time13-07-2024 remove_red_eye1279 personNurito
  3. Langit Cerah Selimuti Jakarta Malam Ini

    access_time14-07-2024 remove_red_eye1038 personFolmer
  4. Halte Velodrome Ditutup Sementara, Transjakarta Sediakan Bus Setop

    access_time15-07-2024 remove_red_eye989 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Faza dan Callysta Dinobatkan Sebagai Abnon Jakpus 2024

    access_time13-07-2024 remove_red_eye927 personBudhi Firmansyah Surapati