You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
JIF 2024 Dimulai, Promosi Jakarta Ramah Investasi
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

JIF 2024 Diharapkan Tingkatkan Investasi di Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui UP Jakarta Investment Centre (JIC) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Investment Festival (JIF) 2024.

Kegiatan ini mempromosikan peran Jakarta kepada publik

Rangkaian festival investasi terbesar di Jakarta ini akan digelar mulai bulan Juni hingga September 2024 mendatang.

Kepala Dinas PMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengungkapkan, tahun ini JIF mengusung tema ‘Global City Notion for a Golden Nation’.

Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

Benni menyampaikan, tema tersebut diusung sejalan dengan usulan tema Jakarta dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) DKI Jakarta 2025-2045 yakni ‘Jakarta Competitive Global City’ dan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 tentang visi Indonesia Emas.

"Tema yang diusung JIF tahun ini sejalan dengan visi Jakarta sebagai Kota Global sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta, serta turut menyukseskan visi nasional yaitu Indonesia Emas tahun 2045,” ujar Benni, Kamis (20/6).

Benni mengatakan, gelaran JIF 2024 akan menyajikan sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari networking session, workshop, seminar, project exhibition, hingga business matching.

Benni berharap, JIF 2024 dapat meningkatkan investasi di Jakarta untuk mempromosikan dan memperkuat peran Jakarta sebagai pusat bisnis dan ekonomi nasional serta kota berskala global (global city) pascapemindahan Ibu Kota Indonesia ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kegiatan ini mempromosikan peran Jakarta kepada publik setelah tidak lagi berstatus Ibu Kota, yakni Jakarta sebagai Kota Global yang ramah investasi, sekaligus mempromosikan proyek-proyek investasi Jakarta kepada calon investor potensial yang berasal dari dalam dan luar negeri," kata Benni.

Benni menyampaikan, JIF 2024 menawarkan 35 proyek infrastruktur dengan nilai total Rp 325 triliun dari 10 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI Jakarta yang terbuka bagi kolaborasi investasi sektor swasta maupun pemerintah dari dalam maupun luar negeri.

"Proyek-proyek investasi yang dapat dikerjasamakan dengan calon investor meliputi proyek-proyek milik BUMD, BLUD pada sektor transportasi, infrastruktur, serta inisiatif proyek-proyek kerjasama dengan pihak swasta di sektor properti, pariwisata, telekomunikasi dan ekonomi sekunder," urai Benni.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola (UP) Jakarta Investment Centre (JIC), Tona Hutauruk menjelaskan, gelaran JIF 2024 kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Rangkaian kegiatan yang digelar lebih beragam dan berdampak luas.

Selain itu, JIF 2024 juga akan kembali mengundang mitra potensial nasional maupun internasional untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jakarta ke depan.

Ia menilai, JIF 2024 juga akan membuka mata dunia bahwa Jakarta adalah kota yang penuh peluang, tidak hanya menawarkan lingkungan ramah bisnis dan investasi, tetapi juga pasar yang besar dan potensial.

“Harapan kita, rangkaian kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, juga meningkatkan awareness sekaligus mempromosikan Jakarta ke dunia luar, bahwa Jakarta merupakan suatu kota tujuan Anda untuk berinvestasi, masih ramah bisnis dan investasi, serta terus berupaya menuju Global City,” ucap Tona.

Berikut rangkaian JIF 2024 yang terdiri dari tujuh kegiatan yang diselenggarakan sepanjang Juni sampai September 2024:

1. JIF Networking Night(19Juni2024)

2. Unlocking Capital for Sustainability (UCFS) Indonesia dengan tema “Integrating Sustainable Finance: A Nation in Transition” (20 Juni 2024)

3. JIF Talks 1 dengan tema “Capitalizing on Government Asset in Jakarta” (27 Juni 2024)

4. JIF Class dengan tema “Carbon Trade 101 in Indonesia” (4 Juli 2024)

5. JIF Exhibition 1 (9-10 Juli 2024) & JIF Exhibition 2 (1-2Agustus)

6. JIF Talks 2 dengan tema “Optimalisasi Investasi Digital Ekonomi di Jakarta” (5 Agustus 2024)

7. JIF Summit dengan tema “Global City Notion for A Golden Nation” (6 September 2024)

Dalam gelaran JIF 2024, 10 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI Jakarta siap menawarkan proyek-proyek andalan mereka.

Kesepuluh BUMD dan BLUD yang berpartisipasi meliputi PT MRT Jakarta, PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Perumda Sarana Jaya, PT Pembangunan Jaya Ancol, Perumda PalJaya, PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Perumda PAM Jaya, dan Jakarta Asset Management Centre (JAMC).

Adapun proyek yang ditawarkan antara lain: pembangunan mixed use di Blok M, LRT Jakarta Fase 2A, Apartemen Palm Court, Ancol Timur, serta Hotel dan Akademi E-Sport.

Tak sebatas pembangunan, proyek juga menawarkan kolaborasi investasi berupa kerja sama manajemen kawasan industri JIEP, dan pemanfaatan aset pemerintah yang idle seperti GOR Bulungan dan Terminal Kampung Rambutan.

Informasi lengkap mengenai kegiatan JIF 2024 dapat diakses melalui situs web invest.jakarta.go.id/jakarta-investment-festival.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye920 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati