You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PPKD Jaktim Berikan Pelatihan Barista bagi Warga Binaan dan Disabilitas
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

PPKD Jaktim Berikan Pelatihan Barista bagi Warga Binaan dan Disabilitas

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan barista dan roasting yang diadakan Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur. Pelatihan yang dimulai Senin (24/6) ini digelar selama 20 hari kerja.

S etelah kembali ke masyarakat mereka memiliki skill untuk berwirausaha

Kepala PPKD Jakarta Timur, Teguh Hendarwan mengatakan, dari 40 peserta itu, lima di antaranya merupakan warga binaan Lapas Narkotika Kelas II Cipinang dan tujuh penyandang kebutuhan khusus atau disabilitas. Sisanya, merupakan masyarakat umum. Mereka digabung menjadi satu.

Dalam pelatihan ini, jelas Teguh, para peserta diberikan 20 persen materi secara teori dan 80 persen praktik cara mengolah biji kopi menggunakan mesin canggih.

Pemprov DKI Siap Bersinergi dengan Paguyuban Alumni Camat Jakarta

Para peserta, kata Teguh, termasuk yang menyandang kebutuhan khusus sangat antusias mengikutinya. Selama pelatihan mereka juga didampingi pemandu bahasa isyarat.

"Animo masyarakat sangat tinggi, yang daftar 100 orang lebih untuk ikut pelatihan barista. Namun kita batasi hanya 40 orang ," kata Teguh.

Setelah pelatihan, lanjut Teguh, mereka wajib ikut uji kompetisi untuk mendapatkan sertifikat. Ada dua sertifikat yang bisa didapat dsri peserta lulus uji kompetensi. Yakni dari PPKD Jakarta Timur dan Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP).

Sementara, Kepala  Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kanwilkum HAM) DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya mengungkapkan, pelatihan barista dan bakery adalah salah satu bentuk materi yang diberikan bagi warga binaan di Lapas yang ada di Jakarta, hasil sinergisitas dengan Pemprov DKI dan 13  BUMN

"Diharapkan, setelah kembali ke masyarakat mereka memiliki skill untuk berwirausaha. Sehingga tidak lagi terjun ke dunia kriminal," ucapnya.

Maria Goretti Yulias (42), salah seorang peserta pelatihan yang juga Sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DKI Jakarta, mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini karean dapat menambah  pengetahuan yang dapat dijadikan modal untuk berwirausaha kelak.

"Kami ucapkan terimakasih pada jajaran PPKD Jakarta Timur yang telah memberikan pelatihan barista dan roasting ini," ungkapnya.

.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2071 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1183 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1049 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye773 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye761 personAldi Geri Lumban Tobing