You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Inovasi Layanan Aplikasi PEDATI Dukcapil Tanah Abang Diapresiasi
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Layanan Aplikasi PEDATI Dukcapil Tanah Abang Diapresiasi Warga

Inovasi layanan akta kematian melalui aplikasi PEDATI (Pemadanan Data Kematian) yang dikembangkan Sektor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, diapresiasi warga. Layanan aplikasi ini diluncurkan, Senin (3/6) lalu.

Tujuan utamanya mempermudah proses layanan akta kematian bagi warga

Tri Utari (34), warga RT 03/11 Kelurahan Petamburan, mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini karena lebih mudah dan cepat,

"Saya sangat berterimakasih, aplikasi yang dikembangkan sangat membantu proses pembuatan akta kematian ayah saya," katanya, Kamis (4/7).

Indeks Kepuasan Masyarakat Layanan UP PM-PTSP Mampang Prapatan Capai 91,92 Persen

Penilaian senada disampaikan Hanifah Makarim (45), warga RT 03/05 Kelurahan Petamburan, yang mengurus akte kematian adik kandungnya. Selain mudah dan cepat, akta kematian yang sudah selesai diproses juga diantar langsung petugas ke rumahnya.  

"Prosesnya juga sangat cepat. Ini saya diantar dan pelayanannya gratis," tegasnya.

Kepala Sektor Dukcapil Tanah Abang, Irpan Septian menjelaskan, inovasi layanan ini merupakan aplikasi yang memadankan data Kematian dari TPU (Taman Pemakaman Umum) dengan data Kependudukan Kecamatan Tanah Abang. 

Hasil pandanan ini selanjutnya dikonfirmasi kepada pihak keluarga melalui jejaring RT/RW untuk kemudian dibuatkan akta kematian.

"Aplikasi PEDATI tujuan utamanya mempermudah proses layanan akta kematian bagi warga," jelasnya.

Diharapkan Irpan, adanya Aplikasi PEDATI bisa membantu warga akan kebutuhan yang timbul dari kepemilikan akta kematian, seperti pengurusan ahli waris, perbankan dan IPTM (Izin Penggunaan Tanah Makam).

Selain itu, produk dari aplikasi bisa juga menjadi sumber data penentu kebijakan dalam pembangunan menjadi lebih akurat seperti penggunaan data kependudukan untuk bantuan sosial, pendidikan dan pemilihan umum.

"Sejak diluncurkan hingga awal Juli ini, sekitar 15 warga dari Kelurahan Petamburan dan Karet Tengsin telah mengakses layanan ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1135 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye985 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye965 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye839 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing