You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Walikota Jakut Buka Lomba Tanam Jagung Pulut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Wali Kota Jakut Buka Lomba Menanam Jagung Pulut

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim membuka lomba menanam Jagung Pulut Jantan F1 Cap Panah Merah. Pembukaan lomba digelar secara hybrid di Walkot Farm Kantor Walikota Jakarta Utara.

B ermanfaat untuk masyarakat 

Ali mengatakan, lomba ini juga menjadi upaya menyediakan lumbung hidup Jakarta Utara melalui aktivasi lahan pekarangan rumah untuk menanam tanaman yang mengandung karbohidrat, salah satunya tanaman Jagung Pulut atau Jagung Ketan Jantan F1.

"Pada hari ini kita melaksanakan lomba menanam Jagung di enam wilayah Kecamatan. Tentunya, tanaman jagung ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan jantung, mencegah kanker, serta mengontrol tekanan darah," ujarnya, Kamis (4/7).

Sudin KPKP Jakut akan Adakan Lomba Tanam Jagung Pulut

Menurutnya, adanya lomba seperti ini dapat menumbuhkan minat dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi untuk melakukan kegiatan tanam Jagung Pulut F1 tersebut.

"Kita mengajak semua masyarakat di 31 kelurahan untuk melakukan kegiatan serupa. InsyaAllah kita bisa melakukan panen serentak," ungkapnya.

Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga, Tim Penggerak PKK Jakarta Utara, Erna Wawan menambahkan, kegiatan menanam ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga di wilayah Jakarta Utara.

Penanaman serentak dilakukan hari ini dan pada 20 September 2024 akan dilakukan panen serentak. Sementara, untuk pengumuman pemenang dan lomba kreasi hasil olahan Jagung Pulut akan digelar 25 September mendatang.

"Untuk kriteria penilaian yaitu mengenai hama penyakit, bobot buah, serta pemupukan dan keindahan inovasi kebun Jagungnya," ucapnya.

Erna menjelaskan, terdapat enam lokasi lomba yang telah ditentukan yakni, di Taman Hati PKK Kelurahan Warakas, Tanjung Priok; Urban Farming RT 02/07, Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan; Gedung Tjetje Rahman RT 06/03 Kelurahan Semper Barat, Cilincing.

Kemudian, di Taman Jampea Kelurahan Koja, Koja; SMPN 270, RT 06/01 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading; dan Urban Farming Dipo, RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan.

"Bersama PT East West Seed Indonesia telah disiapkan hadiah uang tunai, voucher belanja hingga alat berkebun," tuturnya.

Ia berharap, para peserta dapat mengikuti lomba ini dengan serius, berinovasi, dan merawat tanaman Jagung ini dengan sebaik-baiknya.

"Kita ingin hasil dari tanaman ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ungkapnya.

Sementara itu, Corporate Relations and Communication Manager PT East West Seed Indonesia, Baskoro Adiwiyono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkot dan masyarakat Jakarta Utara atas kerja sama program ketahanan pangan.

"Selamat mengikuti lomba untuk seluruh peserta. Kami menunggu hasil kreativitas olahannya, tim Panah Merah siap memberikan pendampingan dan membantu memastikan hasil panen sukses," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1324 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1262 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1217 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1099 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye839 personFolmer