You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Verifikasi Lokasi Lomba Konten Video Urban Farming
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Verifikasi Lokasi Lomba Konten Video Urban Farming

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kelautan (KPKP) DKI Jakarta, melakukan verifikasi lokasi terhadap 10 finalis Lomba Konten Video Urban Farming 2024, Rabu (17/7). Verifikasi lokasi dilakukan di enam lokasi urban farming yang berada di Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

"Memberikan informasi kepada masyarakat kota Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia." 

Pantauan Beritajakarta, Tim Verifikator yang dipimpin Ketua Subkelompok Pertanian Perkotaan dan Penyuluhan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto, mengecek langsung lokasi dan berdialog dengan pengurus serta melihat kegiatan mereka dalam pengelolaan urban farming.

Taufik mengatakan, berdasarkan hasil kurasi sebelumnya, dari 95 peserta yang telah mengirimkan konten video urban farming dipilih 10 peserta terbaik sebagai finalis lomba. Verifikasi dilakukan selama dua hari, pada 17 dan 18 Juli

68 Kilogram Sayur Mayur Dipanen di Cipayung Edu Farm

“Lomba konten video urban farming bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat kota Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia bahwa kegiatan pertanian dapat dilakukan di mana dan oleh siapa saja," tutur Taufik.

Ketua Poktan Boncara Raja, Akhmad Sokari menjelaskan, terdapat dua lokasi urban farming di wilayah Kelurahan Pondok Kopi yakni, RPTRA Rawa Jaya (kebun cabai) dan jalur sepeda Jalan RS Soekanto tepatnya di bantaran Kanal Banjir Timur.

Ia menyampaikan, kegiatan urban farming di Pondok Kopi sudah dilakukan sejak 2022, sedangkan Poktannya baru dibentuk Desember 2023. 

Dia optimistis memenangkan lomba, karena kegiatan pertanian perkotaan dilakukan dengan semangat dan kerja keras para pengurus, serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk pendampingan rutin dari Satlak KPKP Kecamatan Duren Sawit.

“Kita terus berupaya meningkatkan kualitas dan kreativitas pada konten dalam video tersebut. Kita lakukan perekaman tahap demi tahap mulai dari pengolahan lahan, penyemaian, penanaman, perawatan rutin, penyemprotan insektisida, kegiatan panen, pengolahan media dan lain-lain," bebernya.

Sebagai informasi, Lomba Konten Video Urban Farming 2024 ini merupakan hasil sinergisitas Dinas KPKP DKI Jakarta dengan Bank DKI, Petrokimia Gresik dan PT Gunung Sahid, dalam rangka memeriahkan HUT ke-497 kota Jakarta.

Lomba ini diperuntukkan bagi penggiat pertanian perkotaan (urban farming) di Jakarta, baik kelompok maupun perorangan. Periode pengambilan video mulaI 11 sampai 30 Juni 2024.

Peserta mendaftarkan diri melalui link bit.ly/LombaVideoUF2024. Lima pemenang lomba akan diumumkan pada 20 Juli 2024 melalui akun Instgram @dkpkp.jakarta dan urbanfarming.dkijkt.

Ada pun lokasi yang dikunjungi Tim Verifikator Lomba Konten Video Urban Farming 2024 hari ini antara lain, Lovely Garden, Sunter Jaya, Jakarta Utara,  Ferdinan Alamsyah, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, H. Sutarjo, Cilincing, Jakarta Utara.

Kemudian, Poktan Boncara Raja, Duren Sawit, Jakarta Timur, Teras Jiwa Puskesmas, Munjul, Cipayung Jakarta Timur, dan Urban Farming Koramil 03 Pasar Rebo, Jakarta Timur

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati