You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Pulau Lancang Panen Satu Ton Rumput Laut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Petani Binaan di Pulau Lancang Panen Satu Ton Rumput Laut

Petani Binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu di Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, sukses melakukan panen rumput laut sebanyak satu ton.

Hasil panen rumput laut sukses dan bagus

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati, mengatakan panen rumput laut tersebut merupakan hasil budi daya yang dikelola oleh enam petani di Pulau Lancang.

"Kami ikut melakukan pendampingan dan mengecek kualitas hasil tanam. Kami bersyukur, pengembangan bibit rumput laut di Pulau Lancang terus meningkat," ujarnya, Kamis (18/7).

Kepulauan Seribu Usung Tema Wisata Pesisir di Pameran Flona 2024

Nurliati menjelaskan, rumput laut yang dipanen adalah jenis Eucheuma Cottonii yang ditanam dengan sistem lepas dasar dengan menggunakan tali di kedalaman satu hingga dua meter. Bibit rumput laut diikat tali dengan panjang antara 12 -20 meter dan siap dipanen dalam 45 hari.

"Kami akan terus melakukan monitoring dan pembinaan kepada para petani rumput laut agar terus berproduksi semaksimal mungkin. Sehingga, mereka dapat meningkatkan keterampilan dan penghasilannya secara bertahap," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang petani rumput laut, warga RT 02/02, Kelurahan Pulau Lancang, Hasanudin mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Sudin KPKP Kepulauan Seribu yang terus memberikan pendampingan dalam budi daya tersebut.

"Saya membudidayakan rumput laut ini sejak tahun 2022. Alhamdulillah, hasil panen rumput laut sukses dan bagus," ungkapnya.

Hasanudin berterima kasih kepada Sudin KPKP dan Penyuluh Perikanan Kepulauan Seribu yang telah memfasilitasi akses pasar bagi petani rumput laut. Rencananya, hasil panen satu ton rumput laut tersebut akan dipasarkan ke daratan Jakarta.

"Kami berharap hasil panen rumput laut berikutnya bisa mencapai angka tertinggi lagi agar dapat menambah pendapatan petani di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye977 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing