You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Verifikasi Lapangan Finalis Lomba Konten Video Urban Farming di Empat Lokasi
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Lomba Video Urban Farming Diharapkan Memotivasi Aktivitas Pertanian Perkotaan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kelautan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan verifikasi lapangan (Verlap) terhadap para finalis Lomba Konten Video Urban Farming 2024, Kamis (18/7).

mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi masyarakat lainnya

Kali ini, verlap dilakukan di empat lokasi urban farming yang berada di Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Pantauan beritajakarta.id, Tim Verifikator yang dipimpin Ketua Subkelompok Pertanian Perkotaan dan Penyuluhan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengecek langsung lokasi dan berdialog dengan para pengurus serta melihat kegiatan mereka dalam pengelolaan urban farming.

Sudin KPKP Jaksel Sterilisasi 25 Kucing Liar dari Dua Pasar

Taufik mengatakan, Lomba Konten Video Urban Farming bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat kota Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia bahwa kegiatan pertanian dapat dilakukan di mana dan oleh siapa saja.

Ia menyampaikan, dasar penilaian lomba di antaranya adalah kreativitas peserta dalam pembuatan konten video serta inovasi-inovasi para penggiat urban farming melakukan budi daya sehingga dapat memotivasi masyarakat yang akan melihat video tersebut untuk melakukan aktivitas pertanian perkotaan.

“Bagaimana mereka memanfaatkan lahan yang terbatas di Jakarta. Ternyata di lahan yang sempit bisa melakukan kegiatan pertanian perkotaan dan itu bermanfaat. Bahkan masyarakat yang berkebutuhan khusus juga bisa melakukan aktivitas urban farming. Itu menjadi dasar penilaian kita juga dalam menentukan selain dari pada sisi teknis gambar yang disajikan, kualitas suara kemudian dari sisi teknisnya bagaimana ia menyampaikan teknik budi daya sesuai dengan SOP,” jelas Taufik.

Dikatakan Taufik, antusiasme masyarakat yang mengikuti lomba cukup tinggi. Pasalnya, lomba ini diperuntukkan bagi penggiat urban farming di Jakarta, baik kelompok maupun perorangan.

Pesertanya terdiri dari perorangan, TP PKK, PJLP, instansi pemerintahan, bahkan Koramil dan Paspampres ikut berpartisipasi hingga masyarakat lainnya yang berkegiatan urban farming baik di rooftop, pekarangan dan lahan tidur.

Berdasarkan hasil kurasi sebelumnya, dari 95 peserta yang telah mengirimkan konten video urban farming dipilih 10 peserta terbaik sebagai finalis lomba. Lima pemenang lomba akan diumumkan pada 20 Juli 2024 melalui akun Instgram @dkpkp.jakarta dan urbanfarming.dkijkt.

“Ini lomba pertama. Dari durasi pendaftaraan pertengahan Juni kemarin, Alhamdulillah terdapat 111 pendaftar, 95 mengirimkan video dalam waktu setengah bulan. Kami lakukan kurasi menggandeng kalangan akademisi, praktisi atau ahli di bidang kreator konten,” ucap Taufik.

Ia menambahkan, lomba ini memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat penggiat urban farming yang mempunyai kemampuan dan kapasitas luar biasa.

“Hal-hal itu yang menjadi positif dari kegiatan lomba ini ternyata keren aktivitasnya luar biasa mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi masyarakat lainnya yang ingin berkegiatan pertanian perkotaan,” tandasnya.

Berikut lokasi yang dikunjungi Tim Verifikator Lomba Konten Video Urban Farming 2024 pada 18 Juli 2024:

1. TP PKK Jakarta Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara

2. Yasmine Hidroponik, Gambir, Jakarta Pusat

3. Tani Muda Berdaya, Pancoran, Jakarta Selatan

4. Khairul Nur Fajri, Bintaro, Jakarta Selatan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2009 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1026 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye921 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati