You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin KPKP Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di Pulau Untung Jawa
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di Pulau Untung Jawa Diikuti 15 Peserta

Sebanyak 15 peserta mengikuti Pelatihan

Pangan olahan yang sehat dan bergizi

Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di RPTRA Amiterdam, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Peserta pelatihan yang diinisiasi Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu tersebut merupakan pelaku usaha binaan, kader PKK, Dasa Wisma, Jumantik, dan pengurus RPTRA.

DWP DKI Gelar Pelatihan Barista di Flona 2024

Kasi Perikanan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Pisuko Herawati mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan olahan konsumsi makanan ikan untuk masyarakat Kepulauan Seribu, sekaligus menjadi upaya pencegahan dan penurunan stunting.

"Kami ingin para peserta pelatihan memahami teori cara-cara pengolahan ikan yang baik dengan menerapkan prinsip-prinsip sanitasi dan higiene dalam pengolahan makanan. Sehingga, dapat menghasilkan bahan pangan olahan yang sehat dan bergizi," ujarnya, Senin (15/7).

Herawati menjelaskan, dalam pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber ataupun juru pengolahan dari Balai Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yakni, Dr Suryanti dan Hasta Octavani.

"Materi menu masakan yang diberikan beragam mulai dari nugget ikan, bakso, keripik ikan, dan lainnya," terangnya.

Ia berharap, melalui pelatihan pengolahan ikan ini mampu menciptakan usaha kecil rumahan (home industri) pengolahan makanan hasil laut agar mampu memberikan keragaman produk olahan, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir.

"Para peserta diberikan sarana olahan perikanan berupa Food Processor. Mudah-mudahan ilmu yang mereka terima dapat memberikan nilai tambah agar perekonomian mereka semakin meningkat dan sejahtera," harapnya.

Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan menyambut baik diadakannya pelatihan olahan tersebut karena mencari atau budi daya ikan masih menjadi mata pencarian warga.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih. Mudah-mudahan ilmu ini bisa mereka aplikasikan di rumah masing-masing," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pelatihan, Dasa Wisma Kelurahan Pulau Untung Jawa, Isah (38) mengaku senang mendapatkan pelatihan memasak olahan ikan yang diadakan Sudin KPKP Kepulauan Seribu.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan menu baru dalam memasak olahan ikan. Terlebih, ikan mengandung omega yang dapat membantu perkembangan anak-anak.

"Juru masaknya sangat mahir dan jelas saat demo masak. Kami juga diajari membuat steak ikan yang disukai anak-anak. Saya berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1136 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye985 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye965 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye839 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing